Nanang pun Masuk Gorong-gorong Demi Atasi Banjir

id Nanang Ermanto, Plt Bupati Lamsel,Nanang Masuk Gorong-gorong, Banjir Lamsel

Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto masuk ke gorong-gorong di Kalianda, untuk memastikan penyebab banjir beberapa wilayah di Lamsel, Jumat-Sabtu (30/11-1/12). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-Diskominfo Lamsel)

Lampung Selatan (Antaranews Lampung) - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir di wilayahnya, menyusul banjir akibat hujan deras yang turun sejak Kamis (29/11) hingga Sabtu (1/12).

Pada wilayah Kecamatan Kalianda, Nanang meninjau Jalan Serma Tamimi, Rawa-rawa. Nanang memilih tak hanya sekadar kunjungan formal. Dia bergerak cepat mencari penyebab banjir.

Titik-titik yang diduga menjadi penyebab banjir disambanginya dan diberikan solusi jangka pendek. Mantan Kepala Desa Way Galih ini, rela berpanas-panasan saat meninjau lokasi terdampak banjir yang melanda wilayahnya itu.

Nanang Ermanto turun ke lapangan, menyusul banjir dialami sejumlah wilayahnya pada Jumat (30/11).

Tak hanya itu, dalam kunjungannya, Sabtu (1/12), Nanang menunjukkan niat seriusnya menangani dan mengatasi banjir di Lamsel itu. Dia rela masuk ke dalam gorong-gorong yang berada di kawasan Jalan Serma Tamimi, Way Urang, Kalianda, Lamsel.

Hasil kunjungan Nanang itu pun tidak sia-sia. Dia mengaku kaget melihat kondisi gorong-gorong yang dipenuhi sampah dan mengalami sedimentasi.

Karena itu, Nanang pun memerintahkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk melakukan pengerukan sedimen dan membersihkan sampah yang menyumbat gorong-gorong tersebut.

"Kita harus bekerja cepat. Bersihkan sampah-sampah yang ada di siring ini. Ini yang menghambat aliran air, hingga air tumpah ke badan jalan dan menggenangi rumah warga," ujar Nanang.

Usai meninjau dampak banjir di Jalan Serma Tamimi, Nanang pun bergerak menuju Desa Agom yang juga terkena bencana banjir.

Kepada Kepala Desa Agom, Nanang memerintahkan agar aparatur pemerintahan desa beserta masyarakat setempat bergotong-royong membersihkan sampah yang menjadi penyebab utama banjir.

Selanjutnya, Nanang juga sempat mengunjungi warganya yang terkana banjir di Desa Talang Baru, Kecamatan Sidomulyo. Di wilayah itu, banjir sempat merendam permukiman warga setinggi 2 meter.

Sedangkan untuk meringankan beban masyarakat Desa Talang Baru, Nanang membagikan 58 paket sembako sesuai dengan jumlah kepala keluarga yang terdampak banjir.

Adapun paket tersebut berisikan 5 kg beras, 1 kg minyak goreng, 1 kg gula pasir, 2 kg telur, dan 1 dus mi instan.

Nanang mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya yang terkena musibah. Dia menitip pesan, agar masyarakat dapat lebih peduli menjaga kebersihan lingkungannya.

"Jangan dilihat nilainya, tapi sembako ini adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Saya minta ibu-ibu juga dukung bapak-bapaknya bergotong-royong membersihkan pusing-puing sampah," ujar Nanang.

Tak sampai di situ, Nanang yang didampingi para pejabat teras setempat, kembali melanjutkan perjalanan meninjau Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung yang juga terdampak banjir.

Menurutnya, Pemkab Lamsel segera menangani dan menanggulangi banjir ini di lapangan, termasuk membantu warga yang terdampak banjir.

Pihaknya bersama-sama instansi terkait dan masyarakat akan terus berupaya menanggulangi banjir dan mengantisipasinya lebih lanjut.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar