Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dibuka 22 Desember

id Tol, Trans Sumatera

Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dibuka 22 Desember

Kondisi jalan Tol Trans Sumatera menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan ( Antara Lampung/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)  ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Lampung sepanjang 143 km sudah bisa dilalui yang akan dibuka pada 22 Desember 2019.

"Berdasarkan informasi dari Hutama Karya (HK) tol akan dibuka pada tanggal 22 Desember 2018 mulai dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar," kata Kepala Sub Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Kasubdit Kamsel) Ditlantas Polda Lampung, AKBP Junaidi saat dihubungi di Bandarlampung, Sabtu.

Dia mengatakan, pintu tol mulai diberlakukan sejak sepuluh hari dibukanya tol tersebut. Artinya, pemberlakuan tarif tol akan dimulai pada tanggal 2 Januari 2019 mendatang.

"Sementara ini selama 10 hari dibukanya tol tidak ada tarif tol alias gratis," ucapnya.

Lanjut Junaidi, untuk fasilitas seperti lampu jalan di sepanjang jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah memadai. 

Bahkan, katanya, saat ini sudah mencapai sebesar 90 persen dan sudah layak dipakai fungsional dalam Operasi Lilin Pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Sementata ini hasil survei saya saat meninjau tol bersama pak Kapolda dan pak Dirlantas sudah layak untuk digunakan. Tapi untuk dibukanya selama 24 jam atau tidaknya dan kendaraan apa saja yang bisa melalaui tol saya belum konfirmasi lagi dengan pihak tol," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk menjaga keselamatan masyarakat saat menggunakan tol pihaknya telah membuka Patroli Jalan Raya (PJR) yang dibagi beberapa titik. Bahkan, pihaknya saat ini telah membuat dua pos PJR dengan tiga anggota kepolisian.

"Dua pos PJR yang sudah kita buat diantaranya, di exit tol Desa Lematang dan di Itera. Masing-masing pos diisi dengan tiga personil," tutupnya.