Rambutan "Buah Super" yang punya banyak manfaat

id buah rambutan, banyak khasiat

Ilustrasi buah rambutan (Foto: net)

Jakarta (Antaranews Lampung) - Rambutan dianggap sebagai "buah super" karena memiliki banyak manfaat kesehatan berkat zat-zat yang terkandung dalam daun, kulit, daging hingga bijinya.

Pohon rambutan secara keseluruhan kaya manfaat untuk tubuh manusia, dilansir laman Boldsky, Jumat.

Manfaat pertama rambutan adalah membersihkan ginjal berkat kandungan fosfot dalam daging rambutan yang menyaring limbah dari tubuh. Sedangkan mineralnya membantu fungsi ginjal bekerja dengan baik.

Manfaat kedua adalah menguatkan tulang karena mengonsumsi rambutan dapat memasok sejumlah zat besi, kalsium dan fosfor ke tubuh. Unsur itu berkontribusi meningkatkan kekuatan tulang dengan memperbaiki dan mengembangkan tulang agar lebih kuat serta mengurangi kemungkinan keretakan dan penyakit.

Manfaat ketiga adalah meningkatkan kualitas sperma karena tingginya kandungan vitamin C yang meningkatkan dan menjaga kualitas serta kesehatan sperma.

Rambutan juga dapat mencegah diabetes karena bijinya punya sifat anti-diabetes yang berfungsi menjaga tingkat gula darah tetap stabil. Namun, biji rambutan tidak bisa langsung dikonsumsi, melainkan harus direbus lalu mengeringkannya terlebih dahulu.

Manfaat berikutnya adalah mencegah kanker sebab kulit rambutan memiliki sifar anti-kanker. Kandungan asam galat dan flavonoid pada kulit buah berfungsi melawan radikal bebas berbahaya dalam sistem tubuh. Kulit rambutan juga mampu menghilangkan zat karsinogenik.

Manfaat keenam adalah meredakan rasa sakit karena adanya sifat analgesik pada daun yang sudah dikenal dalam pengobatan China. Mengonsumsi jus daun rambutan juga berdampak pada pusat saraf sehingga otak berpikir bahwa rasa sakitnya berkurang. 

Keunggulan terakhir adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung berkat kandungan vitamin C yang tinggi pada rambutan. Vitamin C mencegah timbulnya penyakit dan menghilangkan radikal berbahaya, yang juga berfungsi membantu memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak.
 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar