AL Rusia dan Ukrania bentrok, siapa yang memprovokasi ?

id Rusia, Ukrania,perang Rusia dan Ukrania

AL Rusia dan Ukrania bentrok, siapa yang memprovokasi ?

Angkatan Laut Ukrania menuding Rusia melepaskan tembakan dan menahan tiga kapalnya dekat Selat Kerch yang berdekatan dengan semenanjung Kriema yang memisahkan wilayah Laut Hitam dan Laut Azov (25/11/2018) (TASS via ZUMA Press)

Moskow (Antaranews Lampung) - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu menuduh Presiden Ukraina Petro Poroshenko mendalangi "provokasi" angkatan laut di Laut Hitam pada akhir pekan supaya menaikkan peringkat popularitasnya yang goyah sebelum pemilihan tahun depan.
        
Rusia menahan tiga kapal AL Ukraina dan awaknya pada Ahad karena memasuki perairan Rusia secara ilegal. Ukraina membantah tuduhan itu.
        
Insiden tersebut telah menaikkan ketakutan di Barat akan konflik yang lebih luas antara kedua negara dan sejak itu Kiev memberlakukan darurat militer di beberapa bagian negara tersebut, dengan menyatakan pihaknya takut kemungkinan Rusia melancarkan invasi.
        
Beberapa sekutu Barat Ukraina telah mempertimbangkan kemungkinan untuk memberlakukan sanksi baru atas Rusia terkait insiden tersebut, yang dapat mengganggu ekonomi Rusia.
        
Dalam komentar publik pertamanya mengenai insiden itu, Putin mengatakan kapal-kapal Ukraina jelas salah, menolak insiden itu isu perbatasan yang kecil, dan menuduh Presiden Ukraina Petro Poroshenko mendalangi krisis mini untuk menaikkan peringkatnya.
        
"Tanpa keraguan itu provokasi," kata Putin kepada forum keuangan di Moskow. "Itu diatur presiden menjelang pemilihan. Presiden itu berada di peringkat kelima dan karena itu harus melakukan sesuatu. Hal itu digunakan sebagai dalih untuk memberlakukan hukum darurat."
   
Ukraina berhasil menggunakan episode itu untuk menjual sentimen anti-Rusia dan Barat siap untuk memaafkan para politisi Ukraina atas kekurangan mereka karena membeli narasi yang Kiev promosikan, kata Putin.
        
Pemimpin Rusia itu berbicara setelah Moskow mengatakan pihaknya akan mengerahkan sistem peluru kendali permukaan-ke-udara S-400 yang canggih ke Krimea, kawasan Ukraina yang dicaplok Rusia pada tahun 2014, dan seorang wartawan Reuters melihat sebuah kapal perang Rusia yang dikerahkan berada dekat, sementara ketegangan dengan Ukraina meningkat.
        
Episode itu membawa risiko terhadap pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Putin di konferensi tingkat tinggi G20 di Argentina akhir pekan ini. Trump mengatakan pada Selasa ia mungkin membatalkan pertemuan tersebut karena insiden itu, tapi Putin mengatakan pada Rabu ia masih berharap bertemu Trump.