Chandra Muliawan Terpilih Pimpin LBH Bandarlampung

id Chandra Muliawan Direktur LBH Bandarlampung, LBH Bandarlampung, Direktur LBH Bandarlampung, Chandra Muliawan, Alian Setiadi

Chandra Muliawan Terpilih Pimpin LBH Bandarlampung

Chandra Muliawan terpilih memimpin LBH Bandarlampung periode 2018-2021 menggantikan Direktur LBH Bandarlampung sebelumnya Alian Setiadi, dalam pemilihan, di Bandarlampung, Jumat (23/11). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Chandra Muliawan terpilih secara aklamasi menjadi Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandarlampung periode 2018-2021 dalam pemilihan di kantor LBH di Bandarlampung, Jumat (23/11) petang.

Chandra yang sebelumnya Wakil Direktur LBH Bandarlampung itu menggantikan Alian Setiadi yang secara resmi baru akan melepas masa jabatan pada 30 November 2018.

Dimas Fezari Putra, Ketua Panitia Pemilihan Direktur LBH Bandarlampung menjelaskan pemilihan berlangsung secara konsensus, mengingat hanya terdapat satu calon hingga penutupan pendaftaran pada 22 November 2018. Mereka yang menjadi peserta konsensus adalah pemegang hak suara di lingkungan LBH Bandarlampung.

"Seluruh peserta konsensus sepakat memilih Chandra Muliawan, sehingga yang bersangkutan terpilih sebagai direktur yang baru. Kami akan mengirimkan dokumen berita acara pemilihan ke Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) agar Chandra ditetapkan sebagai Direktur LBH Bandarlampung," kata Dimas.

Dalam sambutannya setelah terpilih, Chandra Muliawan menyatakan, pihaknya akan memperkuat paralegal, dengan strategi yang akan diterapkan yakni penguatan nilai-nilai LBH di masyarakat, seperti menekankan pemahaman nilai-nilai LBH terhadap organisasi bantuan hukum (OBH). Karena, mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Pada kepemimpinan Alian, penguatan paralegal itu telah terbangun. Jadi, kami akan memperkuat kembali dampingan LBH, sehingga ke depan, mereka bisa mengatasi masalahnya sendiri," ujar Chandra.

Alian Setiadi yang segera melepas jabatan Direktur LBH Bandarlampung berharap, kepemimpinan Chandra bisa terus menggelorakan bantuan hukum struktural, sebab LBH melihat persoalan hukum itu bukan hanya dari satu aspek, tapi juga mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial, politik, dan lain-lain.

"Saya memohon maaf atas segala kekurangan dalam memimpin LBH Bandarlampung selama tiga tahun terakhir. Semoga LBH tetap menjadi rumah bersama," kata dia.

Pemilihan direktur ini juga dihadiri sejumlah alumni LBH Bandarlampung, antara lain Penta Peturun, Wahrul Fauzi Silalahi, M Fuad, Anggit A Nugroho, dan Awaludin.

Hadir pula para mitra LBH Bandarlampung, di antaranya Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandarlampung Padli Ramdan, Direktur Walhi Lampung Hendrawan, jurnalis senior yang juga mantan Ketua AJI Bandarlampung Firman Seponada, mantan Sekretaris Jenderal Dewan Rakyat Lampung (DRL) Agus Revolusi, Alvin dari PBHI Lampung, dan Eka Mandayanti, perwakilan Solidaritas Perempuan Sebay Lampung.
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar