Pemprov luncurkan bantuan untuk petani kopi

id petani kopi, lampung barat, tanggamus, lampung utara, dinas perkebunan dan peternakan, lampung, bantuan

Pemprov luncurkan bantuan untuk petani kopi

Festival kopi Lampung Barat 2018 (Ist)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung melalu Dinas Perkebunan dan Perternakan Lampung memberikan bantuan untuk program peremajaan kopi untuk petani di daerah setempat.
      
"Tahun ini ada tiga kabupaten untuk peremajaan kopi ini. Semoga dengan ada peremajaan kopi ini bisa dapat meningkatkan hasil kopi di Provinsi Lampung," kata Sekretaris Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Lampung Jabuk, di Bandarlampung, Kamis.
     
Ia menyebutkan, kabupaten penerima bantuan Pemerintah Provinsi Lampung diantaranya adalah Lampung Barat dan Tanggamus,  berupa itu berupa bibit peremajaan kopi agar hasil produksinya lebih tinggi dan bisa mengganti batang kopi yang sudah tidak produksi lagi.
     
Menurutnya, Kabupaten Lampung Barat mendapatkan bantuan bibit peremajaan untuk 630 hektare dan Tanggamus 200 ha.
     
"Dengan bantuan bibit untuk 830 hektare lahan kopi semua bisa teratasi, apalagi bila ada yang rusak dan tidak produksi lagi makanya harus segera diganti dengan yang baru," katanya.
     
Selain memberikan bantuan peremajaan, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perkebunan dan Perternakan Lampung juga memberikan bantuan berupa itensifikasi pembudidayaan kopi di tiga kabupaten yaitu Tanggamus, Lampung Barat dan Lampung Utara.
     
Pemberian bantuan itensifikasi Pembudidayaan ini yaitu Kabupaten Tanggamus 500 ha, Lampung Barat 100 ha dan Lampung Utara 400 ha.
     
"Jadi banyak sekali yang pemerintah berikan bantuan kopi bagi kabupaten yang ada di Lampung. Walaupun belum bisa semua, semoga tahun depan bisa terpenuhi dan tercukukupi bantuan kepada kabupaten dan kota yang belum mendapatkan batuan tersebut," ungkapnya
     
Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan terbesar di Lampung, karena jumlah lahan kopi yang luas khususnya di Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, Waykanan dan lainnya.
     
"Kopi Lampung sudah sangat terkenal di seluruh tanah air, bahkan sampai ke luar negeri seperti di Jerman, Belanda, Swiss, Prancis, dan lainnya," ujarya.
     
Jabuk mengharapkan, produksi kopi Lampung dapat terus di tingkatkan, apalagi bisa terus mempromosikan kopi tersebut ke seluruh penjuru dunia, karena ini akan dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat dan memutus mata rantai pengangguran yang ada di Lampung.