Produsen tapis harus lakukan diversifikasi produk

id Tim penggerak pkk waykanan,Desi Afrianti Adipati

Produsen tapis harus lakukan diversifikasi produk

Ketua TP PKK Waykanan, Provinsi Lampung, Dessy Afrianti Adipati saat meninjau pengrajin tapis di Waykanan (Foto: Humas Waykanan)

Ibu-ibu harus bisa memproduksi tapis lebih banyak. Ini semua untuk memenuhi kebutuhan pesanan masyarakat lokal dan luar Waykanan, ujar Dessy Afrianti,
Bandarlampung (Antaranews Lampung ) – Ketua TP PKK Waykanan, Provinsi Lampung, Dessy Afrianti Adipati mengatakan para pengerajin tapis harus dapat memproduksi lebih banyak dan diversifikas produk karena untuk mempermudah pemasaran.

"Ibu-ibu harus bisa memproduksi tapis lebih banyak. Ini semua untuk memenuhi kebutuhan pesanan masyarakat lokal dan luar Waykanan,” ujar Dessy Afrianti, di Blambangan Umpu, Waykanan, Selasa.

Menurutnya, dengan memproduksi tapis lebih bangak berarti dapat memenuhi kebutuhan pesanan  baik masyarakat lokal dan luar Waykanan. Apalagi kain tapis merupakan salah satu kerajinan unggulan yang juga sedang digalakkan di Kabupaten Waykanan.

Selain itu, pengrajin tapis telah menunjukkan hasil-hasil yang menggembirakan dalam pengembangan, akan tetapi masih banyak dijumpai permasalahan yang dihadapi oleh industri kerajinan antara lain, keterbatasan kemampuan dalam pengelolaan usaha,  Keterbatasan dalam permodalan,  kurangnya informasi dan pemasaran, Keterbatasan kepemilikan dan penguasaan teknologi yang digunakan dan  ketiadaan kelembagaan.

“Salah satu kendala terbesar untuk meningkatkan taraf ekonomi pengrajin dan pedagang kain tapis di Waykanan adalah  pemasaran.  Target dan pangsa pasar yang terbatas menjadikan kain tapis cukup sulit dijual dan juga  nilai jual yang cukup mahal menjadikan hanya sedikit orang yang  berminat untuk membeli kain tapis,” katanya.

Dessy menjelaskan, akan mencarikan solusi terhadap permasalahan dalam pemasaran kain tapis maka diversifikasi produk merupakan salah satu upaya yang bisa lakukan. 

“Diversifikasi produk didefinisikan sebagai suatu perluasan pemilihan barang yang dijual oleh produsen dengan jalan menambah produk baru ataupun memperbaiki tipe, warna, mode, ukuran, jenis dari produk yang sudah ada dalam rangka memperoleh laba maksimal. Pada kesempatan ini kita akan sama – sama belajar tentang diversifikasi produk kain tapis berupa pembuatan produk aksesories,”ungkapnya.

Dessy mengharapkan, dengan peltihan itu dapat mengenalkan  tapis kepada masyarakat luas dan juga dalam rangka untuk melestarikan warisan budaya. Sehingga harapan kedepanya produk tapis dapat dipakai oleh semua kalangan.