PLN dukung mobil listrik keliling Indonesia

id mobil listrik, kasus di, pln, dukung,blits

PLN dukung mobil listrik keliling Indonesia

GM PLN Distribusi Lampung Julita Indah berpose dengan Mobil listrik Kasuari (Foto: HO)

Teknologi ini akan terus berkembang dan bertujuan untuk mengakomodir kendaraan listrik di Indonesia

Bandarlampung (Antaranews Lampung ) - PT PLN mendukung penuh perjalanan dua mobil listrik bernama Blits dan Kasuari untuk mengelilingi Indonesia

"Kedua mobil tersebut start dari Surabaya dan saat ini tiba di Bandarlampung, untuk selanjutnya menuju Sabang," kataExecutive Vice President Pengembangan PLN Regional Sumatera Budi Pangestu, di Bandarlampung, Jumat. 

Ia menyebutkan, dua mobil tersebut merupakan karya mahasiswa Universitas Budi Luhur (UBL) bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh (ITS) November yang tengah menyusuri nusantara dalam Tim Blits Explore Indonesia. 

Menurutnya, kendaraan tersebut merupakan karya anak bangsa serta tonggak sejarah Indonesia menggebrak dunia otomotif. 

 "Tidak bisa dipungkiri, kalau sekarang kendaraan masih pakai BBM, tapi suka tidak suka kita semua akan menggunakan energi listrik. PLN juga harus mempersiapkan perubahan tersebut," kata dia.

Dua  unit mobil listrik buatan mahasiswa Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), yaitu BLITS dan mobil hybrid series Kasuari, sedang uji coba untuk mengikuti Reli Dakar dengan mengelilingi Indonesia menelusuri jalan sepanjang 15.000 km.

PLN mengaku, begitu antusias untuk mendukung penuh perjalanan dua kendaraan bergaya Offroad tersebut. PLN telah menyiapkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), sehingga mobil listrik ataupun motor listrik bisa mengisi bahan bakarnya dengan mengecas kapanpun dan dimanapun.

Bahkan seluruh kantor PLN di Indonesia siap untuk menyambut dan membantu melancarkan perjalanan Tim Blits Explore Indonesia. 

"Teknologi ini akan terus berkembang dan bertujuan untuk mengakomodir kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya.