Idlib Suriah relatif tenang, tapi ada tanda "keadaan memburuk bakal terjadi"

id Idblib, Suriah, PKK,Kurdi

Idlib Suriah relatif tenang, tapi ada tanda "keadaan memburuk bakal terjadi"

Tentara Suriah (Xinhua/Ammar Safarjalani)

Jenewa, Swiss (Antaranews Lampung) - Situasi di Provinsi Idlib, bagian barat-laut Suriah dan kubu utama gerilyawan, relatif telah tenang dalam dua bulan belakangan ini.
        
Tapi ada tanda-tanda bahwa "keadaan buruk akan terjadi" kecuali ada terobosan lebih jauh dalam perundingan dengan sejumlah kelompok bersenjata di dalamnya, demikian peringatan seorang Penasehat Senior PBB pada Kamis (15/11).
        
Penasehat Senior PBB untuk Suriah Jan Egeland mengatakan dalam satu taklimat di Jenewa, Swiss, pada Kamis bahwa tak ada penyelesaian untuk membekukan situasi saat ini, dan warga sipil di provinsi itu memerlukan kondisi yang lebih baik dan normal.
        
"Saya khawatir bulan November ini akan menjadi bulan perang yang paling mengerikan sejauh ini," kata Jan.
        
Ia mengatakan kekhawatiran di Idlib sangat jelas, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat siang. Kondisi yang paling mengkhawatirkan seperti masih adanya kendali kelompok oposisi bersenjata memperlihatkan keadaan paling buruk mungkin terjadi.
        
Menurut pejabat PBB tersebut, juga masih terjadi bentrokan antara kelompok bersenjata, prilaku buruk oleh banyak kelompok, tindakan kejam di dalam wilayah itu, dan pemboman lebih sering terjadi di bagian pinggir apa yang dinamakan zona penyangga di sekitar Idlib.
        
"Keadaan sangat tegang di dalam zona tersebut, warga sipil di dalam, dua-tiga juta di antara mereka, masih membuat kami berpikir apakah ini kondisi tenang sebelum topan besar atau ini adalah ketenangan sebelum perdamaian," katanya.
        
Jan mengatakan kepada wartawan bahwa Rusia dan Turki telah mengatakan mereka akan berusaha sekuat mungkin untuk menghindari aksi militer, guna menghindari peningakatan konflik bersenjata di Idlib, selama pangkalan dan pasukan mereka tidak diserang.
        
"Yang membuat saya sangat khawatir bagi Idlib ialah saya belum melihat banyak pembicaraan dengan atau tanda dari kelompok yang didaftar sebagai kelompok teroris, bahwa mereka akan meletakkan senjata mereka atau mencari pengampunan," katanya.
        
"Itu sebabnya mengapa kami mendesak semua yang menghadiri pertemuan tersebut --Rusia, Turki, Pemerintah Suriah dan siapa saja yang memiliki pengaruh untuk berbicara dengan setiap orang," katanya.