Cuaca buruk, hasil tangkapan nelayan Lampung anjlok

id Nelayan,hasil tangkapan anjlok, Lampung

Cuaca buruk, hasil tangkapan nelayan Lampung anjlok

Ilustrasi nelayan cantrang (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Sejumlah nelayan di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung mengeluhkan hasil tangkap ikan yang mengalami penurunan drastis dibandingkan beberapa bulan terakhir karena kondisi cuaca buruk sering terjadi di perairan daerah itu.
         
"Hasil tangkapan sedang sedikit untuk satu bulan terakhir dikarenakan cuaca buruk yang tak kunjung membaik di laut," kata Suhadi, salah satu nelayan, di Bandarlampung, Kamis.
         
Ia menyatakan para nelayan juga akan merugi bila melaut saat tangkapan sedikit dan cuaca sedang buruk seperti saat ini.
         
Biasanya dalam sehari para nelayan itu bisa menangkap ikan hingga mencapai 100 kg terdiri dari berbagai jenis ikan, namun kalau sedang dalam kondisi cuaca buruk tangkapan akan turun drastis.
         
Namun dia menyatakan pula, walaupun cuaca buruk masih ada beberapa nelayan yang memberanikan melaut meskipun hanya di pinggiran Teluk Lampung saja untuk mengurangi potensi kerugian dan bahaya.
         
"Cuaca di laut sedang berkabut dan angin kencang, saat ini juga sedang memasuki terang bulan, sehingga akan sulit mendapatkan ikan banyak," kata nelayan lainnya, Sakim.
         
Menurutnya, ikan akan banyak saat perairan di laut bening dan tidak berkabut, mengingat kabut mempengaruhi banyak tidaknya ikan berkumpul di area tangkap di lautan.
         
Sehubungan dengan kondisi itu, harga ikan di Pasar Gudang Lelang, Bandarlampung mengalami kenaikan.
         
Agus, pedagang ikan di Gudang Lelang menyebutkan harga ikan kembung sate berkisar Rp50.000 hingga Rp65.000/kg, ikan simba berkisar Rp65.000 hingga Rp70.000/kg, ikan selar berkisar Rp55.000 hingga Rp60.000/kg, ikan kakap gerot Rp35.000 hingga Rp40.000/kg, ikan bawal Rp45.000 hingga Rp50.000/kg, kakap merah Rp65.000 hingga Rp.70.000/kg, ikan tenggiri Rp80.000 hingga Rp85.000/kg, dan ikan sebelah Rp45.000 hingga Rp40.000 per kilogram.
         
"Harga ikan sekarang naik berkisar 10 sampai dengan 15 persen," katanya pula.