Mourinho lebih baik dari Guardiola benarkah?

id mourinho-guardiola,diego-maradona,liga inggris

Mourinho lebih baik dari Guardiola benarkah?

Jose Mourinho dan Pep Guardiola saat Manchester United (MU) menghadapi Manchester City di Etihad Stadium. (Paul ELLIS / AFP)

Jakarta  (Antaranews Lampung) - Legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona menilai arsitek Manchester United, Jose Mourinho, sebagai pelatih terbaik di dunia saat ini, bahkan melebihi rivalnya di Manchester City, Pep Guardiola.

Hal itu dikatakan Maradona dalam sesi wawancara dengan media Spanyol, Marca, yang dilansir Rabu WIB, ketika ia ditanya tentang kemungkinannya melatih di Liga Spanyol.

"Sebagai pelatih saya masih harus belajar banyak, untuk itu mungkin saya harus ke Manchester dan menemui Mourinho untuk bertanya banyak hal," kata pria yang kini menukangi klub Meksiko, Dorados, itu.

"Sebab ia adalah yang terbaik," tuturnya.

Bahkan, Maradona menyebut Mourinho lebih baik dari Guardiola, yang menurutnya tidak lebih dari penerus strategi tiki-taka temuan Johan Cruyff.

"Saya akan menghargai kemampuan Pep memanfaatkan strategi yang diberikan Johan Cruyff kepadanya," katanya.

"Bukan kali ini saja saya menyatakan bahwa tiki-taka bukanlah temuan Guardiola. Itu buatan Cruyff," tutur Maradona menambahkan.

Di sisi lain, menurut Maradona, Guardiola memiliki kemewahan untuk mendapatkan pemain jenis apapun yang ia butuhkan.

"Dengan demikian, penerapan tiki-taka lebih mudah," pungkasnya.

Kendati Maradona berpendapat demikian, klasemen Liga Inggris memperlihatkan kenyataan bahwa Guardiola saat ini sukses mengantarkan City menduduki puncak klasemen dengan raihan 32 poin dan masih belum terkalahkan dalam 12 pertandingan pertama.

Di bawah arahan Guardiola, akhir pekan lalu City sukses menang mudah dengan skor 3-1 atas United-nya Mourinho, yang saat ini tertahan di urutan kedelapan dengan koleksi 20 poin.