Pedagang memilih tak menaikkan harga tahu

id tahu, tempe, Pasar Lelang, Bandarlampung

Pedaganag tahu. (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Bandarlampung (Antaranews Lampung)- Sejumlah pedagang mengatakan bahwa harga tahu masih stabil karena tidak ada kenaikan harga kacang kedelai dalam seminggu terakhir.

"Harga tahu sulit naik mesik kacang kedelai sebagai bahan bakunya sering tidak stabil. Bila harga tahu dinaikkan kami takut tidak ada yang beli," kata salah seorang pedagang tahu, Made, di Pasar Lelang Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, sudah hampir satu bulan terakhir harga tahu cenderung bertahan dan  harganya tergantung ukuran dan jenis tahu itu sendiri.

"Harga tahu sekarang berkisar Rp1.000 hingga Rp3.000 perbuah," katanya.

Dia menjelaskan, tahu cina ukuran kecil dijual seharga Rp1.000 perbuah, tahu cina ukuran sedang dijual Rp1.500 dan tahu air dengan ukuran besar dijual Rp3.000 perbuah.

Ia mengatakan bahwa para pedagang tahu setempat dalam sehari dapat menghabiskan tujuh ember tahu, tapi dalam satu minggu terakhir para pedagang hanya mampu menjual tahu sebanyak lima ember saja.

"Kami menjual tahu di sini dari hasil produksi rumahan sendiri," kata Yuli, salah satu pedagang setempat.

Menurut dia, dalam seminggu terakhir tahu yang paling banyak dibeli oleh konsumen adalah tahu cina, baik yang ukuran sedang maupun kecil karena harganya relatif murah dan terjangkau.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar