Polisi-KPU ajak warga jaga keamanan jelang Pemilu

id kpu waykanan,polres-kpu

Polisi-KPU ajak warga jaga keamanan jelang Pemilu

Kapolres Waykanan menerima Ketua dan anggota KPU Waykanan. (antaralampung/emir fs)

Kita bersama-sama harus bisa menjaga keamanan menjelang dan selama Pemilu, karena bila situasi aman dan nyaman maka semua pihak yang merasakannnya, kata Kapolres
Waykanan, Lampung (Antaranews Lampung) – Polres Waykanan dan KPU Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung  mengajak masyatakat untuk tetap menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2019 mendatang.

“Mari kita jaga situasi Kamtibmas yang baik, di Waykanan,” kata Kapolres Waykanan AKBP Andy Siswantoro, di Blambanganumpu, Waykanan, Selasa.

Selain itu, ia mengimbau agar KPU Waykanan selama pelaksanaan tugas dapat menjunjung intergitas yang tinggi, serta dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah.

Andy mengatakan, apabila terdapat masalah yang susah untuk diselesaikan agar bisa langsung disampaikan ke pihak Polres dan hindari pelanggaran sekecil apapun dalam pelaksanaan tugas.

“Kita bersama-sama harus bisa menjaga keamanan menjelang dan selama Pemilu, karena bila situasi aman dan nyaman maka semua pihak yang merasakannnya,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Way Kanan Darul Hafiz  mengucapkan terima kasih atas kinerja Polres Waykanan selama membantu pelaksanan setiap tahapan Pemilu.

Darul mengharapkan dukungan dan kerjasamanya dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019 mendatang dan semoga berjalan lancar tanpa ada hambatan.

“Bahwa tahapan Pemilu 2019 saat ini dalam tahap kampanye, harapannya mudah - mudahan situasi politik di Kabupaten Waykanan tetap aman terkendali,” kata Darul.


Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung, telah menetapkan 410 daftar calon tetap (DCT) pemilihan anggota legislatif untuk DPRD setempat dari lima daerah pemilihan  pada Pemilihan Umum 2019..
 
“Sebanyak 410 calon anggota legislatif akan merebutkan 40 kursi di DPRD Kabupaten Waykanan,” kata Komisioner KPU Waykanan Refki Dharmawan, beberapa waktu lalu.
 
Menurutnya, jumlah peserta calon anggota legislatif ini terdiri atas 252 laki dan 158 perempuan. Dengan keikutsertaan perempuan mencapai 38,42 persen.
 
 Rifki menjelaskan dari 16 partai politik yang akan bertarung pada pemilihan legislatif (pileg) 2019, paling dominan yaitu Partai Demokrat dan Nasdem dengan  masing-masing menyumbangkan 40 orang calon anggota legistalif.
 
“Jadi paling banyak ada di Partai Demokrat dan Partai Nasdem,” ujarnya
 
Sedangkan rincian jumlah calon legislatif (Caleg) dari masing-masing partai antara lain  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 25 calon laki-laki, 14 calon perempuan keseluruhanhya  39 DCT, Partai Gerindra 16 laki-laki dan 10 perempuan keseluruhannya 26 DCT, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 23 laki-laki dan 15 perempuan keseluruhannya 38 DCT.
     
Selanjutnya, Partai Golongan Karya 20 laki-laki dan 15 perempuan keseluruhannya 35 DCT, Partai Nasdem 26 laki-laki dan 14 perempuan keseluruhannya 40 DCT, Partai Berkarya 11 laki-laki dan 8 perempuan kesleuruhannya 19 DCT.
   
Partai Keadilan Sejahtera 19 laki-laki dan 11 perempuan keseluruhannya 30 DCT, Partai Perindo 14 laki-laki dan 9 perempuan keseluruhannya 23 DCT, Partai Persatuan Pembangunan 13 laki-laki dan 9 perempuan keseluruhannya 22 DCT, Parrtai Solidaritas Indonesia 7 laki-laki dan 5 perempuan keseluruhannya 12 DCT.
     
 Partai Amanat Nasional 24 laki-laki dan 15 perempuan keseluruhannya 39 DCT, Partai Hanura 11 laki-laki dan 9 perempuan keseluruhannya 20 DCT, Partai Demokrat 26 laki-laki dan 14 perempuan keseluruhannya 40 DCT, Partai Bulan Bintang 4 laki-laki dan 2 perempuan total  6 DCT, PKPI 13 laki-laki dan 8 perempuan total 21 DCT.