TMMD di Bandarlampung capai 85 persen

id Tmmd

Suasana TMMD di Bandarlampung. (Antaralampung/damiri)

Bandarlampung  (Antaranews Lampung) - Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bandarlampung dan Makodim 0410/KBL sudah mencapai 85 persen.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-103 Kapten Inf Syamsudin, Jumat mengatakan, program TMMD yang dipusatkan di wilayah Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung ini, telah melaksanakan pengerjaan berupa pengerasan badan jalan, pembuatan talut, pos kamling, gorong-gorong, dan MCK.

"Sasaran untuk pengerasan dan pembuatan badan jalan yang kita kerjakan sepanjang 519 meter, dua unit pos kamling dan dua unit MCK telah mencapai 80 persen. Kemudian kita membuat talut sepanjang 72 meter dan gorong-gorong yang telah mencapai 90 persen," jelasnya, saat ditemui di lokasi,

Syamsudin menjelaskan. ada sasaran tambahan yang tidak masuk dalam program TMMD. Sasaran itu, katanya, berupa bantuan bedah rumah sebanyak delapan unit dari Wali Kota Bandarlampung, Herman HN.

"Untuk sasaran yang masuk dalam program TMMD tinggal menunggu penyelesaian saja yang ditargetkan pada tanggal 12 November 2018 mendatang. Kalau untuk sasaran tambahan kita sudah kerjakan enam unit bedah rumah dan sisanya masih dalam proses pengerjaan," terangnya.

Ia menabahkan, hingga hari ini sudah ada sebanyak 110 anggota yang terlibat dalam mengerjakan program TMMD tersebut. Selain itu juga ada sebanyak 40 mayarakat sekitar yang juga terlibat dalam program TMMD.

"Animo masyarakat dengan adanya kegiatan ini sangat antusias sekali. Kami bersama masyarakat terus berusaha untuk melaksanakan kegiatan ini. Disamping itu juga ada pembagian penampungan bak air sebanyak tujuh unit," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung, Supardi mengatakan, pihaknya terus mengontrol kegiatan teknis yang sedang dikerjakan seperti pembuatan jalan, siring, drainase, talut dan gorong-gorong.

"Begitu juga dengan pekerjaan tambahan lainnya kita ikut mengawasi speerti program bedah rumah yang dicanangkan pak wali," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya ikut berpartisipasi dalam program TMMD yang memakan anggaran sebesar Rp1 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandarlampung.

"Sejauh ini Pemkot telah membantu anggaran sebesar Rp1 miliar, jika ada kekurangan nanti pihak dari TNI yang mengatasinya. Para donatur juga seperti Bumi Waras, PT KAI, PDAM, Nestle dan lainnya memberikan bantuan untuk pengerjaan tambahan yang tidak ada dalam program TMMD seperti bedah rumah," katanya.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar