Realisasi penerimaan pajak di Lampung baru 69 persen

id realisasi pajak, djp bengkulu-lampung, target pajak,lampung

Realisasi penerimaan pajak di Lampung baru 69 persen

Kakanwil DJP Bengkulu-Lampung, Erna Sulistyowati (Agus Wira Sukarta/Antaranews Lampung)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Realisasi pendapatan dari sektor pajak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung baru mencapai Rp6,8 triliun atau 69 persen dari target pada tahun ini.
     
"Jumlah itu berdasarkan penerimaan pajak hingga Oktober 2018. Kami berharap penerimaan pajak akan terus bertambah mengingat masih ada waktu dua bulan lagi hingga akhir tahun," kata Kepala Kantor Wilayah DJP Bengkulu dan Lampung, Erna Sulistyowati, di Bandarlampung, Rabu.
     
Ia mengakui, dalam empat tahun terakhir, Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung belum bisa mencapai target 100 persen dari yang telah ditetapkan.
     
Pada 2017 lalu, pihaknya hanya mampu mencapai 88 persen dari target yang ditetapkan sekitar Rp9 triliun. 
     
Menurutnya, banyak hal menjadi alasannya mengapa target pendapatan dari sektor pajak belum terealisasikan. Salah satunya kurangnya kepatuhan wajib pajak, faktor eksternal makro di daerah berupa pertumbuhan ekonomi yang belum bagus pada tahun lalu. 
     
"Kepatuhan wajib pajak hanya 69 persen hingga saat ini," ujarnya pula.
     
Namun demikian, lanjutnya, rasio pendapatan diharapkan mencapai 100 persen pada tahun ini meski membutuhkan waktu dan kerja keras.
     
Karena itu, ia mengajak semua pihak terutama pimpinan institusi yang juga wajib pajak untuk turut serta melaksanakan kepatuhan dalam rangka penerimaan pendapatan dari sektor pajak.        
     
Erna Sulistyowati menjelaskan, salah satu sektor pendapatan terbesar selain dari sektor perdagangan dan industri pengolahan adalah sektor administrasi pemerintahan dan jaminan sosial yang berkaitan dengan DIPA di masing-masing instansi pemerintah.
     
Karena itu, ia berharap peran serta pemangku kepentingan yang sangat dibutuhkan guna membantu tugas DJP Bengkulu dan Lampung dalam mencapai target tersebut.
     
Kepala Kantor DJP Bengkulu dan Lampung itu, menambahkan akan berupaya seoptimal mungkin untuk mencapai target pendapatan hingga 100 persen, dengan sinergitas yang baik dan dukungan dari pemerintah daerah sehingga target itu akan tercapai.