Kapolres : Operasi Zebra ajar masyarakat cara berkendara

id kapolres waykanan, akbp andy siswantoro,operasi zebra krakatau

Kapolres : Operasi Zebra ajar masyarakat cara berkendara

Kapolres Waykanan AKBP Andy Siswantoro membuka "Operasi Zebra Krakatau 2018" dengan tujuan penegakan hukum serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. (Emir F Saputra/Antaranews Lampung)

Waykanan  (Antaranews Lampung) – Kepala Kepolisian Resor Waykanan AKBP Andy Siswantoro mengatakan Operasi Zebra Krakatau 2018 salah satunya bertujuan untuk mengajarkan masyarakat tertib berkendara di jalan raya.

“Dengan adanya oprasi Zebra Krakatau ini bisa diharapkan meningkatkan keamanan  masyarakat dan menyadarkan masyarakat tentang berkendara seperti melengkapi surat-surat sebelum bepergian,” kata dia, di Waykanan, Rabu.

Ia mengatakan, ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi Zebra Krakatau  tahun 2018 karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, antara lain pengemudi menggunakan telepon seluler, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau mabuk dan pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

“Karena masih banyak masyarakat yang belum patuh pada peraturan berlalu lintas, Oprasi Zebra Krakatau ini bisa menjadikan ajang sosialisasi dan peringatan kepada para pengendara,” kata dia.

Andy mengharapkan, pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau ini dapat berjalan sukses dan lancar. Dan jumlah pelanggaran dapat terus teratasi aerta berkurang dari kegiatan opraai zebra biasanya.

Sementara itu, gelar upacara pasukan dalam “Operasi Zebra Krakatau” tahun 2018 dari tanggal 30 Oktober sampai 12 November 2018, telah dilakukan pada Selasa (30/10)di lapangan Mapolres setempat.

“Pelaksanaan Operasi Zebra 2018 sendiri ditujukan sebagai upaya penegakan hukum dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, 'Stop pelanggaran, Stop kecelakaan, Keselamatan untuk kemanusian',”  kata Kapolres waykanan AKBP Andy Siswantoro.