Daya tarik ekobudaya Lampung Timur

id Lampung Timur, ekobudaya, tari Melinting

Daya tarik ekobudaya Lampung Timur

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menari bersama ribuan penari Tari Melinting pada pagelaran wisata Festival Tari Melinting di Lapangan Merdeka Kecamatan Melinting, Sabtu (23/9). (FOTO: ANTARA Lampung)

Lampung Timur (Antaranews Lampung) - Kabupaten Lampung Timur memiliki potensi wisata berbasis ekobudaya yang  menarik dan layak dijual kepada wisatawan lokal dan mancanegara.
     
Menurut Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Lampung Timur, Rudi Hartono, di Lampung Timur, Sabtu, wisata ekobudaya  di Lampung Timur   bisa ditemukan di Taman Purbakala Pugung Rahardjo, Kecamatan Sekampung Udik.
   
"Ekobudaya itu potensi wisata yang ada sejarahnya, budayanya dan alamnya atau keaneragaman hayatinya juga ada, "katanya.
     
Ia  mengatakan bahwa wisata budaya di Desa Wana Kecamatan Melinting dan  wisata alam atau keaneragaman hayati di Taman Nasional Way Kambas Kecamatan Labuhan Ratu.

Menurut dia,  wisata ekobudaya yang dipunyai Lampung Timur itu layak dijual ke wisatawan.

"Potensi wisata ini menarik karena tidak dimiliki daerah lainya. Di Taman Purbakala Pugung Raharjo bisa ditemukan jejak sejarah masyarakat Lampung, di Wana ada tari Melinting yang merupakan asli tari warga  Lampung Timur, " ujarnya.

Selain itu, Lampung Timur juga punya potensi wisata desa yang menarik dan bisa dipromosikan ke wisatan lokal.

Diantaranya objek wisata lokal Pantai Kerang Mas di Desa Muara Gading Mas, Gua Pandan di Sekampung Udik, Wisata Mangrove di Desa Sriminosari, Padang Savana di Desa Braja Harjosari dan sejumlah objek wisata kecil-kecil lainnya.

Selain itu,  situs purbakala Pugung Raharjo atau sering disebut Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi yang terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung.

Di dalam kompleks situs ini terdapat peninggalan dari masa kebudayaan megalit seperti arca, punden berundak, batu mayat(batu kandang), altar batu, menhir, batu berlubang, dan dolmen peninggalan dari periode klasik berupa batu prasasti dan keramik asal dinasti Han, Sung, dan Ming. 

Keberadaan taman purbakala ini dikelilingi oleh tanggul , yang terkait dengan bekas benteng, yang juga ditemukan pada kompleks ini.

Lokasi tempat situs itu sekarang dikelola sebagai Taman Purbakala Pugung Raharjo, terletak sekitar 52 km arah timur dari Kota Bandar Lampung.

Wisata Desa Melinting terdapat peninggalan budaya berupa rumah khas Melinting yang masih banyak dijumpai.

Di desa ini juga menyimpan tari khas asli warga Lampung Timur yakni Tari Melinting, peninggalan Kerajaan Melinting.

Taman Nasional Way Kambas menyimpan adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Di Way Kambas terdapat sekolah gajah yang menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara. 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022