Gregoria mundur dari Prancis Terbuka karena cedera

id Gregoria tunjung, tunggal putri

Gregoria mundur dari Prancis Terbuka karena cedera

Atlet bulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung (Humas PBSI/)

Kami harus memastikan kondisi fisik Gregoria sebelum mengikuti turnamen di Jerman
Jakarta  (Antaranews Lampung)  - Atlet bulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung terpaksa mundur pada pertandingan perempat final turnamen Prancis Terbuka 2018 yang berlangsung di Paris Prancis, Jumat malam waktu setempat, akibat cedera pinggang Gregoria, seperti dipantau Antara di Jakarta, Sabtu, dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), mundur ketika menghadapi pemain Jepang Akane Yamaguchi dengan skor 15-21, 6-11 dan bermain selama 23 menit pada turnaman tingkat Super 750 itu.

Padahal, Gregoria masih punya catatan keunggulan atas Akane 1-0. Gregoria menang 21-16, 9-21, 21-18 atas pemain peringkat tiga dunia itu pada pertandingan beregu Asian Games 2018 di Jakarta.

Gregoria telah merasakan sakit pinggang dan tetap bermain pada turnamen Denmark Terbuka 2018 yang berlangsung pada 16-21 Oktober. Di Odense, Denmark, Gregoria berhasil melaju hingga putaran semifinal.

"Pada gim pertama, saya melakukan pukulan di depan net. Mungkin gerakan saya tidak pas sehingga saya langsung merasakan sakit dari atas hingga bawah badan saya. Bagian kiri badan juga seakan mati rasa," ujar Gregoria seperti tercantum dalam situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Gregoria mengatakan cedera pinggangnya semakin kambuh ketika berusaha loncat untuk melakukan pukulan smes saat bermain reli dengan lawan. "Saya sudah tidak dapat menahan lagi rasa sakit itu sehingga saya mundur," kata atlet asal klub Mutiara Cardinal Bandung itu.

Pemain pelatnas PBSI berusia 19 tahun itu dijadwalkan mengikuti tiga turnamen secara berurutan yaitu Denmark Terbuka 2018, Prancis Terbuka 2018, dan SaarLorLux Terbuka 2018 di Jerman.

"Kami harus memastikan kondisi fisik Gregoria sebelum mengikuti turnamen di Jerman. Jika fisiknya sudah tidak lagi memungkinkan, Gregoria akan mundur dari turnamen di Jerman," kata pelatih kepala sektor tunggal putri pelatnas PBSI Minarti Timur yang mendampingi Gregoria di Paris.

Gregoria, lanjut Minarti, harus menjalani terapi fisik sebelum dinyatakan layak mengikuti turnamen SaarLorLux di Jerman.

Indonesia mengirimkan dua wakilnya pada laga semifinal Prancis Terbuka 2018 setelah Gregoria Mariska Tunjung yang harus mundur dari Prancis akibat cedera pinggang, Jonatan pada tunggal putra yang kalah dari Chen Long, dan pasangan campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang juga terhenti pada perempat final.

Dua wakil Indonesia yang masuk semifinal Prancis Terbuka 2018 adalah ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan pasangan putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu.