Klinik KA berikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga di jalur rel dan stasiun

id Kereta Api,PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Stasiun Tanjung Karang, Klinik Kesehatan KA

Klinik KA berikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga di jalur rel dan stasiun

Klinik PT KAI Divre IV Tanjungkarang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sekitar jalur rel dan stasiun kereta api (Emir FS/Antaranews Lampung)

  Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjungkarang Suryawan Putra Hia menyebutkan Klinik Kereta Api telah memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada ratusan orang di Stasiun Negeri Agung Kabupaten Waykanan dan Stasiun Negara Ratu Kabupaten Lampung Utara. 
     
"Sedikitnya 728 orang telah mendapatkan pengobatan gratis yang dilakukan oleh klinik kami," katanya saat dihubungi dari Bandarlampung, Jumat.
     
Ia kembali mengingatkan bahwa pengobatan itu gratis dan masyarakat antusias untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di klinik KA tersebut.
     
Menurut dia, pengobatan gratis diberikan kepada masyarakat yang tinggal di pinggiran rel dan jauh dari tempat pelayanan kesehatan ,seperti runah sakit dan puskesmas. 
     
Selain itu, pengobatan gratis juga diberikan kepada warga yang tinggal di sekitar Stasiun Negeri Agung dan Stasiun Negara Ratu.
     
"Sebagai salah satu BUMN yang ada di Provinsi Lampung, sudah sewajarnya kami membantu masyarakat yang ekonominya mengah ke bawah. Kami senang karena masyarakat antusis mendapatkan pengobatan," katanya.
     
Ia menyebutkan Klinik KA itu memberikan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama, dan ruangannya mencakup ruang dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan ruang bersalin. 
     
Klinik itu didukung tenaga medis dan paramedis seperti dokter umum,  dokter gigi, dokter spesialis kandungan dan kebidanan,bidan,apoteker, petugas laboratorium,dan petugas poli mata.






 
Klinik PT KAI Divre IV Tanjungkarang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sekitar jalur rel dan stasiun kereta api (Emir FS/Antaranews Lampung





 
 "Pada bhakti sosial pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis kali ini, PT KAI Divre IV Tnk menyiapkan 14 tenaga medis yang terdiri dari 2 dokter gigi, 2 dokter umum, 2 bidan, 2 apoteker, 2 petugas poli mata, 2 petugas lab, 2 perawat, sedangkan masyarakat yang diundang sebanyak 600 warga sekitar, dan mekanismenya diserahkan kepada Lurah/Kepala Lingkungan/RT masing-masing," katanya.

 Ia lebih lanjut menjelaskan bahwa pihaknya juga memberikan 40 buah kacamata gratis, tas sekolah dan bingkisan bagi siswa/i Sekolah Dasar (SD). 
 
Suryawan mengharapkan pelaksanaan pelayanan kesehatan dan pemberian kacamata gratis itu  bisa membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat sekitar jalur rel KA.