Menkes ingatkan penularan polio dari Papua Nugini

id polio papua nugini,hati-hati penularan polio,nila moeloek,menteri kesehatan

Menkes ingatkan penularan polio dari Papua Nugini

Menteri Kesehatan Nila Moeloek (kedua kanan) saat menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan (kanan) Kabupaten Sorong, Papua Barat, terkait cakupan pelaksanaan imuninasi MR, Senin (15/10). (FOTO: ANTARA/Olha Mulalinda/Dok)

Untuk polio, Indonesia sudah bebas. Tapi tentu harus hati-hati karena di Papua Nugini sedang terjadi KLB, kata Menkes
Jakarta (Antaranews Lampung) - Indonesia harus waspada dan hati-hati terhadap penularan virus polio yang bisa terjadi akibat terjadinya kejadian luar biasa (KLB) penyakit polio di Papua Nugini, kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

"Untuk polio, Indonesia sudah bebas. Tapi tentu harus hati-hati karena di Papua Nugini sedang terjadi KLB," kata Menkes di Jakarta, Selasa (23/10).

Ia menjelaskan 70 juta anak di bawah 15 tahun sudah terlindung dari polio. Vaksin polio sudah termasuk dalam program imunisasi dasar lengkap yang diberikan kepada bayi.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Anung Sugihantono memastikan di Provinsi Papua tidak ada kasus polio yang disebabkan penularan dari Papua Nugini.

Ia menjelaskan, hingga saat ini terdapat tujuh kasus lumpuh layu akut secara mendadak yang terjadi pada anak di Provinsi Papua, dua kasus di antaranya di Kota Merauke.

Pada tahun lalu juga terdapat 18 kasus lumpuh layu akut yang terjadi di Provinsi Papua, dengan dua kasus di Kota Jayapura dan satu kasus di Kota Merauke.

Namun, Anung memastikan tidak ada satu pun kasus lumpuh layu akut tersebut yang disebabkan penyakit polio.

Kementerian Kesehatan memberikan perhatian lebih terhadap dampak KLB polio di Papua Nugini, dengan memberikan imunisasi polio kepada anak di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Pada program kampanye imunisasi Campak dan Rubella yang sedang dilaksanakan, pemberian vaksin MR di Provinsi Papua ditambah dengan vaksin polio.

"Per 17 Oktober, imunisasi di Papua diberikan dengan vaksin MRP, MR dan polio," kata Anung.