Tokoh senior PKK tewas

id Kurdi, PKK, Turki,perang Kurdi dan Turki

Tokoh senior PKK tewas

Pejuang PKK dalam perayaan militer di kawasan Kurdistan (14/08/2017) (ANF)

Adiyaman, Turki  (Antaranews Lampung) - Seorang tokoh senior PKK tewas pada Rabu (17/10) dalam satu operasi yang dilakukan oleh pasukan keamanan di Turki Tenggara.
        
Yusuf Tunc, yang dicari dalam kategori abu-abu, adalah orang yang disebut sebagai pemimpin organisasi teror tersebut dan bertanggung-jawab atas dua serangan di Provinsi Adiyaman, demikian isi pernyataan tertulis yang dikeluarkan oleh kantor gubernur.
        
Tim polisi provinsi bentrok dengan Tunc dan tiga gerilyawan lain dan satu orang ditangkap sedangkan dua orang lagi melarikan diri, demikian laporan kantor berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi.
        
Kantor gubernur itu mengatakan operasi sedang dilancarkan untuk menangkap sisa gerilyawan.
        
Daftar orang yang dicari dibagi menjadi lima kategori dengan kode warna --merah sebagai yang paling dicari, lalu diiikut oleh biru, hijau, oranye dan abu-abu.
        
Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dimasukkan ke dalam daftar organisasi teroris oleh Turki serta AS dan Uni Eropa. Di dalam kegiatan terornya terhadap Turki, yang berlangsung selama lebih dari tiga dasawarsa, lebih dari 40.000 orang telah tewas, termasuk perempuan dan anak-anak.