Waykanan dukung pembangunan jalur rel ganda

id WAKIL BUPATI WAYKANAN, EDWARD ANTHONY, JALUR REL GANDA, KERETA API

Wakil Bupati Waykanan Edward Antoni (Foto : Antaralampung.com/Emir FS)

Adanya dobel trak ini nantinya sangat bisa membantu mobilitas angkutan barang dan penumpang, karena bila hanya satu berarti kereta harus menunggu lama di stasiun lantara menunggu satu kereta lainnya berjalan,...
Bandarlampung  (Antaranews Lampung)– Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung mendukung kebijakan Dirjen Perkeretaapian yang akan membangun jalur ganda rel kereta api untuk menunjang pelayanan dan intesitas aangkutan barang dan penumpang.

“Adanya dobel trak ini nantinya sangat bisa membantu mobilitas angkutan barang dan penumpang, karena bila hanya satu berarti kereta harus menunggu lama di stasiun lantara menunggu satu kereta lainnya berjalan,” ujar Wakil Bupati Waykanan Edward Antony, di Bandarlampung, Rabu.


Menurutnya, pembangunan dobel trak ini sangat berpengaruh dengan pelayanan kepada penumpang, karena waktu kedatangan bisa lebih cepat dan tepat waktu.

Selain itu, pembangunan ini juga dapat menunjang kinerja dari PT Kereta Api, karena bila pembangunan dry port di Kabupaten  Waykanan terwujud ini bisa menjadi penambahan pemasukan bagi kabupaten dan perusahaan kereta api tersebut.

“Pihak KA saat ini terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan hampir seluruh kereta di Lampung lebih baik dari tahun-tahun berikutnya,” kata dia.

Edward menjelaskan, bahwa saat ini pelayanan dan bentuk kereta api lebih baik dan banyak perubahan, seperti pelayanan tiket, pengetatan saat masuk khususnya di kereta.

Terkait tiket kereta para penumpang tidak lagi mengantre , karena sudah menggunakan online sehingga tidak menumpuk di stasiun.

Saat masuk, lanjut dia, lebih ketat dengan adanya alat detektor bila ada penumpang yang membawa senjata tajam dan sejenisnya, maka dilarang masuk dan dibawa ke kantor petugas untuk dimintai keterangan.

Sedangkan, di kereta semua sudah sangat baik, seperti sudah tidak berdesakan, tidak ada pedagang asongan, lebih sejuk dan nyaman, disediakan terminal listrik untuk mengisi batere HP dan lainnya.

“Ini juga merupakan inovasi yang diluncurkan pihak kereta api agar masyarakat lebih sering meenggunakan moda tersebut,” ungkapnya.

Deputi PT Kereta Api Divre IV Tanjungkarang Tamsil Nurhamedi mengatakan Pemerintah Pusat melalui Dirjen Perkeretaapian, dan menggunakan dana investasi PT KAI untuk membangun dobel trak tersebut.

Pembangunan itu meliputi Stasiun Martapura sampai Stasiun Tiga Gajah 34 KM, Stasiun Tanjung Rambang sampai Stasiun Prabumulih 9 KM, Stasiun Cempa sampai Stasiun Gihan 68 Km dan Stasiun Cempaka Sampai Stasiun Kotabumi 8 km.

“Adanya penambahan jalur ini bisa menambah intensitas angkutan penumpang dan angkutan lainnya,” ujar Tamsil.

Menurutnya, ini juga merupakan bentuk kepedulian pihak KAI kepada penumpang. Karena kereta api yang ada di Sumatera dari dahulu diutamakan untuk angkutan barang, tetapi setelah diaktifkan untuk angkutan penumpang maka harus ada jalur pendukung pelayanan yaitu dengan cara membangun jalur ganda.

“Kita semua harus bisa mendukung program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan salah satunya melakukan pembanguban dobel trak tersebut,” katanya.

Tamsil mengharapkan masyarakat bisa mendukung dan menyukseskan pembangunan jalur ganda ini, karena pelayanan sangat penting bagi masyarakat luas.



 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar