Arab Saudi batalkan perayaan Hari Nasional di AS

id Wartawan dibunuh,Turki punya bukti pembunuhan, wartawan dibunuh

Arab Saudi batalkan perayaan Hari Nasional di AS

Aktivis hak asasi memegang foto wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi selema acara demo di luar gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Selasa ( 9/10/ 2018). (Reuters)

Washington (Antara/Anadolu-OANA) - Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington membatalkan perayaan tahunan Hari Nasionalnya, kata beberapa laporan pada Senin (15/10).
        
Kedutaan besar tersebut dilaporkan mengirim surel kepada orang yang akan menghadiri kegiatan itu dan mengatakan acara tersebut --yang mulanya dijadwalkan diselenggarakan pada Kamis-- dibatalkan, tapi tidak memberi alasan bagi pembatalan itu.
        
Kedutaan besar tersebut belum memberi komentar kepada kantor berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi.
        
Hari Nasional Arab Saudi adalah hari libur di Kerajaan Teluk tersebut --yang merayakan pemberian nama negeri itu oleh Raja Abdul Aziz ibn Saud pada 1932.
        
Tindakan itu dilakukan di tengah protes mengenai hilangnya wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi, yang terakhir terlihat memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober, demikian laporan kantor berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi.
        
Masih pada 2 Oktober, 15 warga Arab Saudi --termasuk beberapa pejabat-- tiba di Istanbul dengan naik dua pesawat dan mengunjungi gedung tersebut saat Khashoggi juga berada di dalamnya, kata beberapa sumber polisi Turki. Semua orang yang diidentifikasi sejak itu telah meninggalkan Turki.
        
Pemerintah Arab Saudi belum memberi penjelasan mengenai apa yang terjadi pada Khashoggi, sementara beberapa negara --terutama Turki, AS dan Inggris-- mendesak agar misteri itu diselesaikan sesegera mungkin.
        
Pada Senin, beberapa pejabat Arab Saudi dan Turki tiba di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, untuk melakukan penyelidikan bersama mengenai hilangnya Khashoggi.