Gempa di Pesisir Barat Tak Berpotensi Tsunami

id Gempa Pesisir Barat, Gempa Tak Tsunami,Gempa Lampung

Gempa di Pesisir Barat Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi 3,7 SR di Pesisir Barat, Lampung, Sabtu (13/10) tak berpotensi tsunami. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-BMKG)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa bumi tektonik telah menggetarkan wilayah Pesisir Barat, Lampung, Sabtu (13/10) pukul  09.18,55 WIB dengan kekuatan (Magnitudo) 3,7 skala Richter, namun belum ada laporan kerusakan dan tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami.

Menurut BMKG, seperti disampaikan dalam rilis dari Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto, gempa itu berada pada daerah dengan koordinat episenter 5.65 derajat Lintang Selatan (LS) dan 103.87 derajat Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di daratan pada jarak 51 km barat daya Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 21 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Bengkunat, Pesisir Barat, Lampung I SIG-BMKG (II MMI). Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan.

Karena itu kepada masyarakat di daerah Lampung, BMKG mengimbau agar tetap tenang karena gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami.