PLN Lampung kirim relawan ke Palu dan Donggala

id Tsunami, gempa bumi, palu, donggala, pln lampung, relawan

PLN Lampung kirim relawan ke Palu dan Donggala

Nomor rekening PMI Lampung untuk donasi korban gempa dan tsunami. (Istimewa)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) -  PLN Unit Induk Distribusi Lampung mengirimkan 11 relawan ke Palu-Donggala Sulawesi Tengah untuk membantu pemulihan listrik di sana pascagempa bumi lalu.
       
"Sebanyak 11 orang relawan Palu-Donggala-Sigi itu terdiri atas tiga orang pegawai dan delapanorang pelayanan teknik," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Julita Indah, di Bandarlampung, Jumat.
       
Penglepasan berlangsung di halaman Kantor PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Rajabasa.
       
Ia menyebutkan pengiriman relawan untuk Palu-Donggala-Sigi dilakukan untuk membantu pemulihan kondisi kelistrikan yang rusak akibat gempa dan tsunami yang terjadi pada 28 September lalu.
       
Menurutnya, pengiriman 11 orang relawan hari ini merupakan batch pertama yang kemudian akan disusulkan kembali sebanyak 10 orang untuk batch kedua.
       
Relawan yang diberangkatkan merupakan pegawai terpilih yang memiliki keahlian dan kekuatan secara fisik. Tugas yang diberikan untuk tim unit distribusi adalah perbaikan jaringan tegangan menengah, jaringan tegangan rendah hingga sambungan ke rumah.
       
"Terima kasih banyak untuk menjadi relawan Palu-Donggala-Sigi. Kami bangga, Lampung bisa mengirimkan pasukannya. Tunjukkan bahwa kita tim terbaik," kata  Senior Manager Distribusi PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Bagus Abrianto  saat menyampaikan arahannya kepada relawan.
       
 Ia menjelaskan, pada pelaksanaannya, relawan diarahkan untuk mengikuti aturan serta perencanaan yang telah dibuat, sehingga dapat bersinergitas dengan tim lainnya. 
       
Selain itu, para relawan diwajibkan mematuhi standar operasional prosedur dan menggunakan alat pelindung diri (APD) selama melaksanakan tugas di sana.
       
Setelah 12 hari berlalu sejak kejadian bencana alam yang menimpa Sulawesi Tengah, hingga saat ini, PLN telah berhasil memperbaiki 100 persen Gardu Induk sejumlah 7 unit, 45 penyulang (feeder) dan telah mengirimkan 66 genset, ditambah dengan 10 unit genset dari PLN Unit Induk Distribusi Lampung. 
       
Selain itu, PLN juga telah mengirimkan 15  unit alat berat dan alat bantu dan menyalurkan bantuan CSR PLN Peduli sebesar Rp4,218 miliar. 
       
Melalui upaya tersebut dan dukungan dari 1.034 relawan PLN yang berasal dari seluruh Indonesia, PLN telah berhasil menyalurkan daya hingga 101.2 MW dan terus berfokus untuk memulihkan listrik sehingga dapat membantu perbaikan perekonomian di sana.