Solidaritas untuk Jurnalis AJI Palu

id Solidaritas Gempa Palu, Solidaritas Jurnalis AJI, AJI Gempa

Solidaritas untuk Jurnalis AJI Palu

Warga melintas di area lokasi terkena gempa di Petabo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Daerah tersebut merupakan salah satu lokasi terparah akibat gempa di Palu dan petugas kesulitan menjangkaunya akibat reruntuhan bangunan dan jalan yang rusak. (FOTO: ANTARA FOTO/Akbar Tado.)

Jakarta (Antaranews Lampung) - Gempa bumi 7,7 skala Richter mengguncang Sulawesi Tengah, Jumat, 28 September 2018, pukul 17.02 WIB. Pusat gempa berjarak 26 km dari utara Donggala dengan kedalaman 10 km ini memakan korban nyawa dan menimbulkan kerusakan besar di Donggala dan Kota Palu. Selain gempa, kerusakan parah juga akibat tsunami.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin, 1 Oktober 2018, korban tewas mencapai 844 orang dan kemungkinan akan terus bertambah.

Bencana ini berdampak pada nasib jurnalis, termasuk yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu. Berdasarkan pendataan yang dilakukan AJI, dari 68 anggota, sebagian besar diketahui selamat. Tapi masih ada yang belum bisa dikonfirmasi keberadaannya. Dari jurnalis yang selamat itu, ada yang rumahnya rata dengan tanah diterjang sunami, ada yang rumahnya rusak ringan hingga rusak parah akibat gempa. Ada juga yang keluarganya tak selamat akibat musibah ini.

Untuk membantu meringankan kawan-kawan jurnalis anggota AJI Palu, AJI Indonesia menggalang bantuan dana dari sesama anggota AJI dan para simpatisan. Bagi yang ingin menyalurkan donasinya, silakan kirim melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cut Mutia Jakarta Pusat, nomor rekening 0230-0100-2015-303 an. Aliansi Jurnalis Independen. Bukti donasi harap dikirim melalui http://bit.ly/Solidarity4JournalistsAJIPalu_KorbanTsunami atau WhatsApp ke 0813-8527-2758. Donasi akan dibuka hingga 1 November 2018. Pemanfaatan dana akan disampaikan melalui email.

Bantuan kita mungkin tak bisa memulihkannya seperti sediakala. Tapi setidaknya meringankan bebannya, dan membuat kawan-kawan kita para jurnalis ini bisa segera kembali menjalankan profesinya melayani publik untuk memperoleh informasi.

Salam Solidaritas,
Ketua Umum AJI, Abdul Manan
Sekjen AJI, Revolusi Reza

Sekretariat AJI:
Jl Sigura-gura 6a, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Indonesia
Email sekretariat@ajiindonesia.or.id
Web: www.aji.or.id Twitter: @AJIIndo