BKKBN gandeng remaja lewat games kenalkan genre

id logo bkkbn

BKKBN gandeng remaja lewat games kenalkan genre

Ilustrasi logo BKKBN (ANTARA)

Mulai dari pendidikan yang terencana, berkarir dalam pekerjaan yang terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga
Jakarta (Antaranews Lampung) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggandeng remaja untuk memperkenalkan dan mengetahui nilai-nilai tentang Generasi Berencana (GenRe) lewat komunitas games dan para gamers.

"Remaja sejatinya adalah calon generasi penerus bangsa, namun masih rentan dengan permasalahan-permasalahan seperti putus sekolah, masalah seksualitas, hamil diluar nikah, penyalahgunaan napza dan sebagainya. Maka BKKBN melalui program Generasi Berencana memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja," kata Plt BKKBN, Sigit Priohutomo dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (24/9).

Sigit mengatakan, remaja Indonesia harus bisa merencanakan kehidupannya untuk masa depan mulai dari pendidikan hingga berkeluarga.

"Mulai dari pendidikan yang terencana, berkarir dalam pekerjaan yang terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga," terang Sigit.

Menurut Sigit, melalui pendekatan dengan games, informasi dan edukasi kepada remaja bisa tersampaikan dengan cara yang lebih menyenangkan. Pengguna games bukan hanya asyik mencoba menyelesaikan permainannya, tetapi juga mendapatkan informasi dan sosialisasi terkait dengan kebutuhan mereka untuk menjadi Generasi Berencana.

Diharapkan para remaja menjadi generasi penerus bangsa yang mampu diandalkan, dengan berkarya dan memanfaatkan teknologi dengan baik, dan mengisi dengan kegiatan yang positif," kata Sigit.

BKKBN juga mengadakan Sayembara Cipta Games 2018 yang diikuti tiga finalis yaitu Educa, Inmotion, dan Creacle yang merupakan studio gamers yang peduli dengan perkembangan dunia remaja. Kegiatan itu juga melibatkan remaja dari Pusat informasi dan Konseling Remaja pada saat pembuatan games sampai selesai sehingga diharapkan menstimulasi dan mengedukasi remaja tentang program KKBPK melalui permainan.

Para finalis Sayembara Cipta Games 2018 dinilai oleh dewan juri Eka Sulistya Ediningsih selaku Direktur Direktorat Ketahanan Remaja BKKBN beserta Hendra Wahyudin dari Mantan Brand Manager Lyto Games dan Bagus Hidayat dar Direktorat Data dan Informasi Genre BKKBN. Acara tersebut dimenangkan oleh Educa yang menjadi Juara Umum Sayembara Cipta Games 2018.
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar