72 Paguyuban peringati Tahun Baru Islam

id 72 paguyuban, tahun bari islam

72 Paguyuban peringati Tahun Baru Islam

Warga mengikuti pawai memperingati tahun Baru Islam 1440 H, warga berebut syur mayut yang ditumpuk dalam sebuah gundukan, Minggu (16/9) (Foto: Antaralampung.com/Ardiansyah)

Dengan adanya kegiatan ini kita bisa berpegang teguh pada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika bahwa berbeda-beda tapi tetap satu tujuan, ujarnya
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Ratusan warga Jalan Slamet Riyadi Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandarlampung menggelar pawai budaya memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, Minggu (16/9).

Warga yang tergabung dalam 72 paguyuban, salah satu Paguyuban Wangsa Sailendra menggelar pawai budaya dengan melakukan jalan kaki di ruas Jalan Slamet Riyadi, Yos Sudarso, Dr Susilo, Pangeran Diponegoro, Salim Batubara dan Bumi Waras.

Ketua Paguyuban Wangsa Sailendra Ki Ageng Raden Indra Fatahillah mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H. Selain itu, kegiatan ini bertujuan agar semua rakyat Indonesia rukun dan damai.

"Dengan adanya kegiatan ini kita bisa berpegang teguh pada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika bahwa berbeda-beda tapi tetap satu tujuan," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan tahun ini mengusung tema "Melestarikan budaya nusantara untuk Indonesia Jaya". Dalam kegiatan itu, sebanyak 72 paguyuban yang ada di Lampung ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H.

"Selain itu ada tokoh masyarakat yang mendukung kegiatan ini agar budaya ini harus dilestarikan dan jangan sampai hilang, karena budaya ini adalah warisan," katanya.

Ratusan kendaraan hias mengikuti parade tersebut, selain kendaraan warga dari lima kelurahan juga ikut meramaikan acara tersebut. Usai melakukan parade warga langsung berebut gundukan berisi sayur mayur.