Pakar kesehatan sarankan wanita hamil hindari mi instan

id mi instan, wanita hamil

Ilustrasi mi instan (www.richardsweeklyrant.profarm)

Karena dia mengalami pengolahan. Setiap makanan yang mengalami pengolahan berulang pasti ada pengawetnya, tentu tidak baik (untuk kesehatan)
Jakarta (Antaranews Lampung) - Terkadang mi instan menjadi salah satu godaan yang tak bisa terhindarkan, termasuk bagi ibu hamil.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Morula IVF Indonesia, dr. Merry Amelya, SpOG kepada Antara di Jakarta, Jumat mengatakan, ibu hamil tidak dilarang mengonsumsinya, namun disarankan agar menghindari makan tersebut.

"Mi instan itu ada ingredients nutrisinya di belakang kemasan. Itu memang lebih baik ketimbang mi-mi yang tidak jelas misalnya. Kalau ingin banget ya tiga bulan sekali bolehlah. Tetapi kalau bisa menghindari ya lebih baik," ujarnya.

Menurut Merry, mi instan mengalami pengolahan dan makanan yang diolah apalagi berulang mengandung bahan pengawet yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

"Karena dia mengalami pengolahan. Setiap makanan yang mengalami pengolahan berulang pasti ada pengawetnya, tentu tidak baik (untuk kesehatan)," tutur dia.

Tetapi apakah konsumsi mi instan bisa sampai menimbulkan penyakit? Merry membantahnya, apalagi jika hanya dikonsumsi sekali dalam 9 bulan.

Selain makanan olahan, junkfood, makanan pengandung pemanis tambahan hingga kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol perlu ibu hamil hindari agar janinnya sehat.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar