BMKG Prakirakan Potensi Hujan di Lampung Meningkat

id Potensi Hujan Lampung Meningkat, Potensi Hujan di Lampung, Hujan di Lampung, BMKG Lampung

BMKG Prakirakan Potensi Hujan di Lampung Meningkat

BMKG Lampung prakirakan potensi hujan di Lampung meningkat dalam tiga hari ke depan sejak Minggu (19/8) ini. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-BMKG Lampung)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan potensi hujan di wilayah Provinsi Lampung mengalami peningkatan dalam tiga hari ke depan.

Menurut BMKG, seperti disampaikan dalam rilis Tim Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Raden Intan, di Branti, Minggu (19/8), terjadi perubahan kelembapan udara yang cukup siginifikan di atmosfer terutama di lapisan 700 mb dan lapisan 500 mb.

Peningkatan kelembapan udara dari yang sebelumnya sangat kering menjadi sangat basah menyebabkan potensi pembentukan awan kembali menjadi besar.

Selain itu, jumlah energi untuk konveksi atau istilah meteorologinya CAPE juga terjadi peningkatan yang cukup signifikan, sehingga potensi untuk terbentuk awan awan hujan menjadi besar.

Faktor lainnya adalah menurun kecepatan angin di lapisan 3000 ft yang membuat angin dapat berkembang atau tumbuh tinggi dengan baik. Selama puncak musim kemarau ini, angin bertiup cukup kencang, sehingga awan akan cepat punah tidak bisa untuk tumbuh tinggi.

Namun BMKG mengingatkan, kondisi bukan berarti kita akan segera memasuki musim hujan, namun kondisi atmosfer sedang dalam kondisi yang mendukung untuk terbentuk awan-awan hujan.

Diharapkan, hujan akan membuat sumur-sumur masyarakat kembali terisi dan para petani akan bisa tersenyum lega. Semua berharap hujan turun dalam waktu yang cukup lama, agar persediaan air tanah cukup sampai musim hujan datang nanti.

BMKG menyebutkan, wilayah di Lampung yang berpotensi besar banyak mendapat hujan adalah Kabupaten Way Kanan, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Utara. Namun tidak menutup kemungkinan wilayah lainnya juga akan turun hujan karena faktor pendukungnya cukup merata di wilayah Lampung.