Din Syamsuddin: Hindari ujaran kebencian dalam politik

id hindari ujaran kebencian ,din syamsuddin,ketua dewan pertimbangan mui

Din Syamsuddin: Hindari ujaran kebencian dalam politik

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin (Foto : Antaranews com/Dok)

Beda pendapat beda kepentingan boleh saja tapi jangan mencaci maki, ujar Din
Jakarta (Antaranews Lampung) - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengimbau seluruh komponen bangsa agar tidak mewarnai dunia politik dengan ujaran kebencian menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

"Kepada siapa pun jangan politik yang mengedepankan ujaran kebencian," kata Din yang juga menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama itu di Jakarta, Senin.

Din yang juga mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah selama dua periode itu, menuturkan setiap orang harus beradab dalam bersikap di dunia politik.

Menurut dia, perbedaan pendapat dan pilihan harus dihormati semua pihak sehingga tidak perlu saling menghina satu sama lain. "Beda pendapat beda kepentingan boleh saja tapi jangan mencaci maki," ujar Din yang juga mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Pusat itu.

Ia mengatakan tindakan caci maki adalah perbuatan yang melanggar nilai agama dan tidak patut untuk dipelihara, sedangkan sikap menghargai pendapat dan pilihan masing-masing pihak mencerminkan jalannya demokrasi yang baik di tengah kehidupan berbangsa dan bertanah air.

Untuk itu, kata dia, seluruh pihak harus menjauhi ujaran kebencian demi kelancaran dan kesuksesan Pilpres 2019 dan Pemilu Legislatif 2019 sehingga hasil pesta demokrasi mendatang membawa manfaat positif bagi kepentingan masyarakat.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum telah menerima berkas pendaftaran dari dua pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.