Bagaimana respons pasar atas pasangan capres-cawapres ?

id rupiah, pasar saham, capres dan cawapres

Nilai Rupiah menguat (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Jakarta (Antaranews Lampung) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, dibuka menguat 25,25 poin seiring berkurangnya ketidakpastian sentimen politik di dalam negeri.
        
IHSG dibuka menguat 25,25 poin atau 0,42 persen menjadi 6.090,50. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 5,20 poin atau 0,54 persen menjadi 965,35.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi bergerak menguat sebesar enam poin menjadi Rp14.426 dibanding sebelumnya Rp14.432 per dolar AS.
           
Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta, Jumat mengatakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terbantukan dengan sejumlah sentimen dari dalam negeri, seperti setelah muncul kepastian nama calon presiden beserta wakilnya.
         
"Pergerakan IHSG dan penguatan nilai Rupiah dipengaruhi oleh nama-nama yang telah muncul dalam pasangan calon presiden dan wakil presiden, situasi itu mengurangi ketidakpastian," katanya.
        
Kendati demikian, lanjut dia, meski sentimen politik diharapkan tidak banyak mempengaruhi pergerakan IHSG, dimungkinkan sejumlah pihak akan memanfaatkan kenaikan harga saham untuk mengambil posisi aksi ambil untung.
       
Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan pengumuman calon pasangan presiden penting bagi investor sebagai acuan kebijakan investasi ke depannya.
        
"Selanjutnya, investor menanti program kerja dari masing-masing calon. Harapannya, program infrastruktur masih akan terus berlanjut," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar