Bupati: AUTS bantu tingkatkan keamanan ternak warga

id bupati waykanan, raden adipati surya

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya (Foto: Antaralampung.com/Emir Fajar Saputra)

Waykanan, Lampung (Antaranews Lampung) - Bupati Waykanan, Provinsi Lampung, Raden Adipati Surya, mengatakan asuransi usaha ternak sapi (AUTS) bisa membantu dan meningkatkan keamanan hewan ternak khususnya sapi milik warga.

Dengan asuransi, menurut Adipati di Waykanan, Kamis, peternak bisa mendapatkan ganti rugi akibat mati sakit, mati ketumbur, hilang dicuri, dan mati melahirkan.

Semua peternak bisa mendapatkan ganti rugi asalkan membayar premi dan ikut asuransi Jasindo, ujar Adipati.

Bupati mengharapkan tidak ada lagi peternak yang tidak ikut asuransi, karena bila tidak ikut akan merugikan diri sendiri serta tidak menjadi beban Pemkab Waykanan.

Sebelumnya Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Waykanan melakukan sosialisasi tentang asuransi usaha ternak sapi (AUTS) itu.

Sosialisasi AUTS ini sangat perlu, karena para peternak atau kelompok harus bisa mendaftarkan hewan ternak jenis sapi untuk diasuransikan, agar tidak mengalami kerugian bila hewan ternak hilang, mati akibat sakit, dan mati kecelakaan.

Manurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Waykanan Maulana Muhidan, setiap peternak yang ingin mendaftarkan asuransi bagi hewan ternaknya dengan premi 200.000 rupiah dengan ditanggung pemerintah sebesar 80 persen atau 160.000 rupiah dan peternak cukup membayar 20 persen atau 40.000 rupiah.

Kita berikan diskon 80 persen dari premi yang dibebebankan kepada peternak sapi, ujar Maulana Muhidan.

Dari premi yang telah dibayarkan, setiap peternak yang memiliki sapi dan mati mendadak akibat sakit, mati ketumbur, mati melahirkan maka akan diganti oleh asuransi sebesar 10 juta rupiah.

Selain itu, dengan sosialisasi AUTS ini para peternak sapi bisa sejak dini mendaftatkan ternaknya masing-masing.

Sebab, Maulanan menuturkan, sampai saat ini masih banyak peternak sapi yang belum mengasuransikan hewan ternaknya karena enggan membayar premi yang sudah ada.

Peternak sapi harus bisa melakukan pendaftaran asuransi sejak dini, bila sudah kejadian yang menyesal bukan pemerintah tapi peternak, katanya.

Asuransi usaha ternak sapi (AUTS) ini, para peternak cukup membayar 40.000 rupiah dalm satu tahun ternak-ternak sapinya akan dijamin asuransi oleh Jasindo.

Yang diasuransikan bukan pejantan, tetapi betina yang dapat diasuransikan, jelasnya.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar