Wartawan ANTARA diikutkan pilih pemain terbaik FIFA

id Piala Dunia 2018, pemain terbaik FIFA

Wartawan ANTARA diikutkan pilih pemain terbaik FIFA

Triono Subagyo (tengah) saat meliput Piala Dunia 2018 di Rusia (Dokumentasi)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Jurnalis LKBN Antara Triono Subagyo terpilih menjadi salah seorang yang diminta menyalurkan suaranya melalui voting atau pemilihan pemain dan pelatih sepak bola terbaik dunia tahun 2017/2018 dalam ajang " The Best FIFA Football Awards".
   
Menurut Yoyok, sapaan akrabnya, di Bandarlampung, Kamis, keikutsertaannya dalam voting tersebut berawal dari surat elektronik (surel) yang diterimanya pada Senin (30/7) sore dari Giovanni (FIFA) yang bertanggung jawab atas komunikasi tentang "The best FIFA Football Awards" dan juga mengoordinasi juri jurnalis. 
   
"Dalam surel itu, Giovanni menuliskan di antaranya, 'Kita harus memiliki jurnalis sepak bola dari Indonesia untuk Sepak Bola Putra. Anda telah disarankan kepada kami'," kata Yoyok, yang mengaku dia sendiri tidak mengetahui siapa yang menyarankan dirinya ke pihak tersebut.
   
Awalnya dia ragu, namun di dalam telepon selulernya yang didaftarkan saat akreditasi ke FIFA untuk Piala Dunia Rusia 2018, ada panggilan tak terjawab dengan nomor +41792555xx serta pesan singkat "Hi Triono, my name is Giovanni from the FIFA media office. I have sent you an e-mail on your yahoo account. Can you please check it and answer me ? Thanks".
   
"Saya menjadi yakin bahwa surel itu benar dan segera menjawabnya. Tak lama langsung mendapat jawaban dan panduan untuk memilih pemain dan pelatih terbaik," kata dia.
   
Di dalam surat selanjutnya tersebut, menurut dia, tertulis "Sebagai jurnalis olahraga terpilih untuk sepak bola pria, kami akan meminta Anda untuk memilih tiga pemain pria dan tiga pelatih pria yang Anda yakini layak dinominasikan untuk setiap penghargaan."
   
Mendapati hal tersebut, Yoyok yang pada perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia beberapa waktu lalu juga ditugaskan untuk meliput ke negeri "Beruang Merah",  menyampaikan informasi itu kepada Direktur Pemberitaan LKBN Antara Achmad Munir.
   
"Selain menyampaikan adanya informasi tersebut ke pimpinan di Biro Lampung, saya langsung memberitahukan kepada Direktur Pemberitaan. Beliau menyerahkan sepenuhnya kepada saya untuk menilai dan memilihnya meskipun terpilihnya saya atas nama lembaga, namun voting itu sifatnya tertutup secara individu," katanya.
   
Yoyok yang kini selain sebagai redaktur di Biro Lampung ia juga dipercaya sebagai redaktur olahraga nasional LKBN Antara, mengaku tidak mengalami kesulitan untuk memilih dan menentukan siapa saja pemain dan pelatih yang menurutnya terbaik.
   
"Saya mengikuti perkembangan sepak bola internasional dan pemain-pemainnya. Termasuk yang kini dalam 10 nominasi pemain terbaik, dan dalam panduan pemilihan pun dijelaskan keunggulan setiap pemain dan pelatih sebagai bahan pertimbangan," kata dia, yang juga mantan Kepala LKBN Antara Biro Bengkulu itu.
   
Periode penilaian untuk pemain dan pelatih terbaik itu yakni dari tanggal 3 Juli 2017 hingga 15 Juli 2018.
   
Dia pun mengaku meski penyerahan pilihan paling lambat tanggal 10 Agustus, ia sudah memberikan suaranya secara daring (online) dan langsung diterima oleh pihak FIFA dan mendapat ucapan terima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya.
   
Sementara itu, 10 nominasi pemain putra terbaik dunia 2017/2018 yakni Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Spanyol), Kevin De Bruyne (Manchester City/Belgia), Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Perancis), Eden Hazard (Chelsea/Belgia), Harry Kane (Totenham Hotspur/Ingris), Kylian Mbappé (PSG/Perancis), Lionel Messi (Barcelona/Argentina), Luka Modric (Real Madrid/Kroasia), Mohamed Salah (Liverpool/Mesir), dan Rafael Varane (Real Madrid/Peranis).
   
Sedangkan 11 nominasi pelatih pria terbaik yakni Didier Deschamps (timnas Perancis), Zinedine Zidane (Real Madrid), Massimiliano Alegri (Juventus), Stanislav Cherchesov (timnas Rusia), Zlatko Dalic (timnas Kroasia), Pep Guardiola (Manchester City), Juergen Klopp (Liverpool), Roberto Martinez (timnas Belgia), Diego Simeone (Atletico Madrid), Gareth Southgate (timnas Inggris), dan Ernesto Valverde (Barcelona). ***4***