Kabupaten Waykanan bangun jamban sehat-murah bagi masyarakat

id farida aryani

Kabupaten Waykanan bangun jamban sehat-murah bagi masyarakat

Farida Aryani (FOTO: ANTARA Lampung/Emir FS)

Jamban sehat baik dan bagus untuk masyarakat, serta bisa menjauhkan penyakit, kata Farida
Waykanan (Antaranews Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung melakukan pembangunan jamban sehat dan murah di Kampung Bumibarjo, Kecamatan Buaybahuga guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Pembangunan jamban sehat dan murah ini untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak memiliki jamban, atau masih menggunakan jamban tradisional, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan Farida Aryani di Blambanganumpu, waykanan, Minggu (29/7).

Menurutnya, pembuatan jamban sehat dan murah ini sangat membantu masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah.

Selain itu, untuk membuat jamban tidaklah susah, cukup dengan semen dan pasir. Karena alat cetak sudah diberikan kepada masyarakat.

Ia menambahkan, penggunaan jamban ini membuat masyarakat terlindung dari penyakit dan meningkatkan kesehatan keluarga.

"Jamban sehat baik dan bagus untuk masyarakat, serta bisa menjauhkan penyakit," katanya.

Farida menjelaskan, pemasangan jamban sehat dan murah ini bisa menjadi kegiatan bersama untuk menuntaskan segala permasalahan jamban yang ada di Kabupaten Waykanan.

"semua pihak harus mendukung kegiatan ini," harapnya.

Farida memgharapkan, agar di tingkat kecamatan, kelurahan atau kampung untuk bersama-sama mendukung program atau kegiatan ini, agar tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar (BAB) sembarangan.

Wakil Bupati Waykanan Edward Antony mengatakan, dengan pemasangan jamban sehat dan murah ini untuk mendukung masyarakat membudayakan cara hidup sehat dengan tidak buang air besar sembarangan.

"Saya meminta masyarakat untuk menjaga dan membudayakan hidup sehat dan peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan membangun jamban sehat dan murah," ujarnya.

Ia berharap perlu ada komitmen bersama untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Waykanan, agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang air besar sembarang.