Aksi Hari Harimau Sedunia di Kabupaten Tanggamus

id Aksi HariHarimau Sedunia, Hari Harimau Lampung, Hari Harimau Global

Aksi Hari Harimau Sedunia di Kabupaten Tanggamus

Peringatan Hari Harimau Sedunia 2018 di Kabupaten Tanggamus, Lampung. (Foto: ANTARA Lampung/Ist)

Tanggamus, Lampung (Antaranews Lampung) - Peringatan Hari Harimau Global (Global Tiger Day) dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung dan diisi dengan beragam kegiatan untuk mengkampanyekan penyelamatan harimau sumatera.

Ketua Panitia Peringatan Global Tiger Day itu, Jimmy Fonda dari Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BTNBBS), didampingi tim panitia Riyanto (penyuluh kehutanan), Ujang Suryadi (YADI), dan Nani (RC Sumatran Tiger Project), di Tanggamus, Minggu (29/7), menyampaikan rangkaian acara Global Tiger Day 2018 di Kabupaten Tanggamus berlangsung 28-29 Juli 2018, dan selanjutnya berlangsung di Kabupaten Pesisir Barat, 11-12 Agustus 2018.

Mereka mengkampanyekan "Selamatko Lemaong Sumatera Nyin Dang Bela¿." (Selamatkan Harimau Sumatera, Harimau Kita, Harimau Indonesia) dalam rangka memperingati Hari Harimau Sedunia (Global Tiger Day (GTD), dilakukan aksi penyadartahuan kepada masyarakat mulai dari usia dini, SD, SMP, SMA, akademisi, kaum perempuan, dan masyarakat umum lainnya terhadap pentingnya pelestarian satwa harimau di TNBBS.

Sebelumnya, pada 28 Juli 2018 telah dilakukan aksi GTD di Kabupaten Tanggamus sejak tanggal 28 Juli 2018, road show ke sekolah dasar di penyangga TNBBS, SDN 2 Sukaraja, dengan penampilan drama harimau sumatera.

Pada aksi GTD berikutnya di Taman Kota Ruang Hijau Kotaagung Pusat, KabupatenTanggamus, dengan rangkaian acara dimulai dengan olahraga pagi; senam bersama para ibu-ibu masyarakat Kotaagung, bersepeda sehat, jogging di areal Taman Kota Ruang Hijau Kotaagung dansekitarnya.

Kegiatan lainnya adalah drama harimau sumatera, orasi pelestarian harimau dari pihak Pemkab Tanggamus diwakili oleh Asisten 3 Firman, dan BalaiBesar TNBBS, serta para mitra.

Peserta aksi juga menandatangani dukungan atas pelestarian harimau, pembagian merchandise, fotobooth, live music "Share It Band" Kotaagung dengan lagu-lagu bertema lingkungan hidup, face painting, serta Perpustakaan Keliling Pemkab Tanggamus.

Kegiatan itu terselenggara atas kerja sama Balai Besar TNBBS, Pemkab Tanggamus, camat, TFCA Sumatera, Pundi Sumatera Kotaagung Pusat, Sumatran Tiger Project, WCS, YABI, Repong Indonesia, WWF Indonesia, PILI, Tiger Heart/FHK, GOSKA/Komunitas Sepeda Kotaagung, Saka Wana Bhakti Tanggamus, Pramuka SMPN I Kotaagung, Saka Bahari Kotaagung, microstudio, Perpustakaan Keliling Pemkab Tanggamus, TWNC, dan Artha Graha Peduli.

Acara lanjutan akan diselenggarakan pada 11-12 Agustus 2018, di Biha, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, dengan rangkaian kegiatan fun bike/sepeda sehat, lomba melukis SMP dan SMA, lomba mewarnai SD, lomba makanan khas daerah Lampung oleh PKK, Kemah Konservasi oleh Saka Wanabhakti Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, Komunitas Sepeda Lampung, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, face painting, drama harimau sumatera, penanaman pohon, bazar produk kelompok petani sekitar hutan oleh Koperasi Pakor Makmur, komunitas wisatawan asing, dan PHRI, serta tanda tangan dan cap jari dukungan pelestarian harimau sumatera.