Petani Lampung Timur dapat bantuan 487 traktor tangan

id bupati lampung timur, chusnunia chali, kadisnak lampung timur, m. yusuf, bantuan traktor, kelompok tani

Petani Lampung Timur dapat bantuan 487 traktor tangan

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim memberikan secara simbolis bantuan traktor tangan kepada salah satu kelompok tani di Lapangan Desa Sribhawono, Kamis (26/7). (Foto: Antaralampung.com/Muklasin.)

Bantuan ini salah satu upaya mencapai target produksi gabah itu
Lampung Timur  (Antaranews Lampung) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur melalui Dinas Perikanan dan Pertanian memberikan bantuan 487 hand tractor (traktor tangan) kepada petani melalui 487 kelompok tani di daerah ini.

"Pemkab Lampung Timur menyalurkan 487 unit hand tractor, tahap pertama 57 unit sudah kami bagikan di Pekalongan, dan hari ini tahap kedua, kami bagikan 116 unit," ujar Muhamad Yusuf, Kadis Perikanan dan Pertanian setempat, usai mendampingi Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menyerahkan 116 hand tractor kepada sejumlah kelompok tani pada lima kecamatan dalam rangkaian acara Festival Bulan Bakti Bayar Pajak 2018 di lapangan Desa Sribhawono, Kamis (26/7)

Ia menyebutkan bantuan tersebut bersumber dari APBD murni Pemkab Lampung Timur.

Dia menjelaskan, bantuan hand tractor yang diberikan sesuai permintaan para petani yang ingin mempercepat pengolahan lahan sawahnya dan meningkatkan produktivitas padi yang diusahakan.

Masyarakat minta ini dan ada yang disampaikan melalui anggota dewan. Kami berharap bantuan ini bisa mempercepat pengolahan lahan mereka, sehingga kalau sudah waktunya mengolah lahan mereka bisa segera mengolahnya, jelas Yusuf.

 
Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian LampungbTimur Muhamad Yusuf berbincang dengan para anggota kelompok tani penerima bantuan traktor tangan
di Lapangan Desa Sribhawono, Kamis (26/7). (Foto: Antaralampung.com/Muklasin.)



Ia menyatakan target produksi gabah Lampung Timur tahun 2018 sebesar 486 ribu ton. "Bantuan ini salah satu upaya mencapai target produksi gabah itu," tambahnya.

Sejumlah kelompok tani penerima bantuan traktor tangan ini menyambut baik bantuan Pemkab Lampung Timur tersebut.

Mereka berharap bantuan untuk pendukung peningkatan produktivitas pertanian mereka bisa digulirkan setiap tahun.

"Seneng dan terima kasih pada Pemkab Lampung Timur, saya ketua poktan mewakili anggota. Kami berharap bantuan ada setiap tahunnya untuk petani, bisa pupuk, bisa mesin pemanen padi," ujar Anif Musthofa, Ketua Kelompok Tani Maju Sari, Desa Sriminosari.

 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022