Warga Perancis teriakkan "We AreThe Champions"

id piala dunia, rusia, mbape, timnas rusia

Warga Perancis teriakkan "We AreThe Champions"

Pemain Prancis Kylian Mbappe merayakan dengan piala setelah memenangkan Piala Dunia dalam laga Prancis VS Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia (15 Juli 2018). (REUTERS / Kai Pfaffenbach)

"Terima kasih telah membuat kami bangga, kata Macron
Paris  (Antara/Reuters) - Ratusan ribu penggemar Perancis yang gembira merayakan kembalinya tim sepak bola pemenang Piala Dunia pada hari Senin, melompat dan meneriakkan "We Are The Champions" saat bus mengarak mereka di Champs Elysees sebelum resepsi dengan Presiden secara khusus.

"Les Bleus", tim muda yang dinamis, yang memenangkan final 4-2 dalam laga yang terbuka dan serba cepat dengan Kroasia di Moskow, muncul di Istana Elysee, di mana mereka menyanyikan lagu kebangsaan "La Marseillaise" dengan Presiden Emmanuel Macron dan istrinya secara spontan.

"Terima kasih telah membuat kami bangga," kata Macron kepada para pemain di taman istana kepresidenan. "Jangan pernah lupa dari mana Anda berasal: semua klub di Prancis yang melatih Anda."

Media Prancis menghabiskan hari itu dengan memuji pencapaian tim.

Lebih dari 300.000 orang memenuhi Champs Elysees, daerah di sekitar Arc de Triomphe dan Place de la Concorde pada Minggu malam, berpesta sampai dini hari, menyanyikan Marseillaise, menyalakan petasan dan berteriak-teriak sampai matahari terbit.

"Kami bersenang-senang tadi malam, kota itu penuh kegembiraan, begitu banyak perayaan," kata seorang wanita berpakaian merah, putih dan biru yang telah pergi ke bandara Charles de Gaulle mengatakan pada BFM TV.

Koran-koran memuji Piala Dunia kedua bagi Prancis, setelah kemenangan pertama mereka di kandang pada 1998.

"History Made" tulis harian olahraga L`Equipe. Foto-foto superstar Kylian Mbappe, Antoine Griezmann dan Paul Pogba, serta foto-foto tim yang memegang dan mencium piala di tengah hujan lebat, mendominasi liputan.