Laporan keuangan PGN peroleh penghargaan internasional

id pgn

Laporan keuangan PGN peroleh penghargaan internasional

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) makin memperluas pasokan gas bumi ke berbagai daerah, tidak hanya secara konvensional melalui jaringan pipa gas, melainkan dalam bentuk gas alam terkompresi atau compressed natural gas (CNG). (dok PGN)

Kompetisi laporan tahunan yang digelar oleh League of American Communication Professional (LACP) menilai PGN kali ini layak menduduki peringkat ketiga dalam kategori 2017 `Vision Award`, kata Rachmat
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Laporan keuangan atau "annual report" tahun 2017 PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memperoleh penghargaan internasional peringkat ketiga.

"Kompetisi laporan tahunan yang digelar oleh League of American Communication Professional (LACP) menilai PGN kali ini layak menduduki peringkat ketiga dalam kategori 2017 `Vision Award`," kata Sekretaris Perusahaan PT PGN Rachmat Hutama, dalam siaran pers yang diterima di Bandarlampung, Selasa (17/7).

Ia mengaku menyambut baik penghargaan tersebut dan pencapaian ini merupakan suatu kebanggaan bagi perusahaan di level internasional dan mengharumkan nama Indonesia.

Pencapaian tersebut, lanjutnya, menjadi suatu kebanggaan perusahaan karena dalam beberapa tahun terakhir annual report PGN berhasil menduduki peringkat tiga besar.

Menurutnya, dalam penilaian kali ini, Annual Report PGN Tahun 2017 yang mengangkat tema "The Big Picture" mendapat total perolehan nilai 99 dari 100.

Sejumlah kriteria yang digunakan adalah "first impression" (30 dari 30), "report cover" (10 dari 10), "letter to stakeholders" (10 dari 10), "report narrative" (10 dari 10), "report financials" (10 dari 10),"creativity" (10 dari 10), "message clarity" (10 dari 10), dan "information accessibility" (9 dari 10).

Penghargaan Vision Award ini terdiri atas dua kategori yakni utilitas gas dan kategori energi. Meski tahun ini berada di posisi ketiga, pada 2016 "annual report" PGN berhasil masuk peringkat pertama mengalahkan perusahaan-perusahaan besar dunia.

Rachmat menjelaskan, pencapaian yang berhasil diperoleh ini menjadi sebuah bukti bahwa PGN telah melakukan komitmen "good corporate governance" (GCG).

"Awards ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen pelaksanaan GCG PGN yang dilaksanakan secara akuntabel dan transparan," kata Rachmat.

Penghargaan tersebut menunjukan hasil yang positif dari program komunikasi serta Good Corporate Governance yang dilakukan perusahaan. Dengan penghargaan itu, PGN berkomitmen untuk terus bekerja optimal dan transparan.

"Kami tidak akan berpuas diri, namun akan terus konsisten untuk tetap memberikan transparasi laporan keuangan sesuai dengan standar internasional," katanya.

Dalam Vision Awards Annual Report Competition, ungkap Rachmat, lebih dari 5.000 laporan tahunan telah diajukan oleh lebih 800 institusi/perusahaan dari 24 negara, termasuk 500 perusahaan besar dunia yang diranking oleh Majalah Fortune (Fortune 500 Global).

Perusahaan berskala internasional lainnya yang ikut dalam kompetisi tersebut, antara lain, Exxon Mobile, Chevron, Coca-Cola, Disney, serta Ford Motors.

Liga Profesional Komunikasi Amerika LLC alias LACP didirikan pada tahun 2001 untuk menciptakan forum dalam industri hubungan masyarakat yang memfasilitasi diskusi tentang praktik terbaik di kelasnya.