Kemenaker: Negara butuh PNS profesional

id sekjen kemenaker, hery sudarmanto,ons profesional

Kemenaker: Negara butuh PNS profesional

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Hery Sudarmanto (Foto: Dok. Kemenaker)

PNS harus selalu menjaga profesionalisme dan memenuhi standar kompetensi jabatan sehingga tugasnya berjalan dengan efektif dan efisien, kata Hery
Jakarta (Antaranews Lampung) - Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan penyelenggraan negara dengan potensi sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang melimpah seperti Indonesia membutuhkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional.

PNS memegang peranan penting dalam merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan di berbagai sektor.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Hery Sudarmanto di Jakarta, Jumat, mengatakan penyelenggaraan pemerintahan di segala sektor membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk menunjang kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat berkembang.

"Oleh karena itu, PNS harus selalu menjaga profesionalisme dan memenuhi standar kompetensi jabatan sehingga tugasnya berjalan dengan efektif dan efisien," kata Hery saat membuka Diklatpim Tingkat IV, Diklat Spesialis K3 Pesawat Tenaga Dan Produksi di Pusdiklat Kemenaker RI.

Diklatpim Tingkat IV diikuti 80 orang yang terdiri dari PNS Kemenaker 40 orang, PNS BNP2TKI 30 orang dan PNS Kemeristekdikti 10 orang. Sedangkan Diklat Spesialis K3 Pesawat Tenaga Dan Produksi diikuti oleh 30 orang.

Hery mengatakan penyelenggaraan negara dengan potensi SDM dan SDA yang melimpah seperti Indonesia membutuhkan kinerja PNS yang profesional. PNS memegang peranan penting dalam merumuskan dan menjalankan kebijakan di berbagai sektor.

"Hal ini merupakan faktor penunjang untuk mencapai keunggulan kompetitif di berbagai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan," papar Hery.

Menurut Hery, tugas PNS adalah melayani masyarakat dan terus meningkatkan kinerja dan produktivitas serta menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

"Diklat ini merupakan langkah awal untuk menempuh pendidikan kepemimpinan, terutama dalam disiplin, loyalitas, tanggung jawab, dan integritas," ungkap Hery.

Dengan semangat Reformasi birokrasi, revolusi mental dan inovasi, Hery berharap jajaran Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kemenaker RI mampu untuk terus melayani masyarakat dengan baik.

"PNS harus memiliki kepekaan sosial yang tinggi, tanggap dan memiliki keahlian serta kecerdasan untuk berinovasi dan berkreasi melaksanakan proyek perubahan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat," kata Hery.

Hery mengatakan pemerintah mengambil langkah strategis untuk mewujudkan PNS yang berintegritas dan profesional sehingga mampu menyelenggarakan pelayanan publik dan mampu menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut, kata Hery, dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) sebagai upaya pembinaan PNS secara menyeluruh.

Pembinaan PNS dipastikan akan mengarah dan berujung pada kompetensi yang dibutuhkan di setiap jabatan, baik jabatan administrasi, jabatan fungsional maupun jabatan pimpinan tinggi.

"Melalui diklat dan pengembangan kompetensi inilah para PNS mampu melaksanakan tugas dan fungsi, tanggung jawab serta wewenang yang diembannya dengan baik," kata Hery.