16 negara ikuti festival paduan suara internasional di Bali

id Paduan suara, festival paduan suara

16 negara ikuti festival paduan suara internasional di Bali

File/Tim Paduan Suara SMP Penabur Bandarlampung saat tampil di ajang Penabur International Choir Festival (PICF) 2017 . (Medsos/istimewa)

Denpasar (Antaranews Lampung) - Sebanyak 146 peserta dari 16 negara akan mengikuti kompetisi paduan suara internasional di Bali yang menampilkan beragam aliran musik untuk kategori anak-anak hingga dewasa. 
     
"Melalui ajang ini para peserta bisa saling mengenali kebudayaan negara masing-masing, termasuk mempromosikan kebudayaan Indonesia," kata Presiden Direktur Bandung Choral Society Tommyanto Kandisaputra selaku panitia penyelenggara di Denpasar, Kamis. 
     
Menurut dia, hingga Rabu (10/7) tercatat sudah ada 16 negara mendaftar yakni tuan rumah Indonesia, Kanada, China, Jepang, Latvia, Lithuania, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Polandia, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat dan Venezuela.
           
Indonesia, lanjut dia, akan diwakili oleh para peserta dari 26 provinsi yang akan berlaga pada kompetisi yang digelar 24-28 Juli 2018.
           
Dia menjelaskan ada 16 kategori pada ajang kompetisi musik bertajuk "Bali International Choir Festival" (BICF) ke-7 itu di antaranya paduan suara pertunjukkan atau "show choir", pop dan jazz, remaja, acapela, campuran, anak-anak, serta ketegori wanita dan pria.
           
Selain itu kategori paduan suara senior, gospel dan spiritual, "folklore", grup vokal, hingga "musica sacra".
           
Sebanyak 16 ahli paduan suara dari seluruh dunia juga didatangkan sebagai juri dalam kompetisi paduan suara tersebut. 
     
Beberapa juri adalah perwakilan "American Choral Directors Association" dan tidak ketinggalan musisi dari Indonesia di antaranya Catharina Leimena, Avip Priatna, Daud Kosasih dan Andreas Sugeng.
           
BICF, lanjut dia, digelar untuk mengakomodasi perkembangan paduan suara di Indonesia yang semakin hari semakin berkembang dan semakin butuh tantangan. 
     
Ia menyakini para peserta akan mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman untuk mengasah kemampuan dari sebuah kompetisi bertaraf internasional.
           
Pembukaan festival itu akan diadakan di Hongkong Garden pada Selasa (24/7) pukul 19.00 WIB dengan didahului lima paduan suara yang akan berpartisipasi dalam kegiatan amal di Katedral Roh Kudus. 
     
Hasil dari penampilan tersebut akan disumbangkan bagi anak-anak yang membutuhkan biaya pendidikan.