Umtiti bawa Prancis ke final Piala Dunia

id piala dunia,rusia,prancis ke final, kalahkan belgia

Umtiti bawa Prancis ke final Piala Dunia

Pemain Perancis Samuel Umtiti melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Belgia (TWITTER/equipedefrance)

St Petersburg (Anatra/Reuters) - Tandukan kepala Samuel Umtiti pada menit ke-51 membawa Prancis menuju final Piala Dunia berkat kemenangan 1-0 atas Belgia pada pertandingan semifinal pertama yang dimainkan pada Selasa.

Pasukan Didier Deschamps akan menghadapi Inggris atau Kroasia di Moskow pada Minggu, ketika Prancis mengincar untuk mengangkat trofi untuk kedua kalinya menyusul kesuksesan mereka di kandang sendiri pada 1998.

Pada pertandingan adu taktik yang berlangsung menghibur, situasi bola mati kembali menjadi penentu melalui sundulan Umtiti di tiang jauh dari tendangan sudut Antoine Griezmann.

Belgia mengambil kendali permainan di lapangan tengah pada fase awal laga di mana Prancis bertahan lebih dalam dan mengeliminasi ancaman serangan balik dari Eden Hazard dan Kevin de Bruyne.

Namun itu bukan bermakna Prancis menampilkan pendekatan negatif ketika mereka juga menimbulkan situasi berbahaya melalui serangan balik, yang tergambarkan secara sempurna ketika Paul Pogba mengirim bola kepada Kylian Mbappe yang berlari menuju ke gawang dan Belgia harus berterima kasih kepada kiper mereka Thibaut Courtois yang waspada dan sigap mengamankan situasi berbahaya.

Peluang nyata pertama terjadi pada menit ke-16 ketika De Bruyne mengirimkan bola menuju jalur pergerakan Hazard, yang tembakannya melebar dari tiang jauh Hugo Lloris.

Hazard kembali menimbulkan ancaman beberapa menit kemudian ketika ia bergerak memotong dari kiri dan melepaskan sepakan yang mengenai punggung Raphael Varane dan melambung ke atas mistar gawang.

Dari tendangan sudut Belgia, Toby Alderweireld menguji Lloris dengan tembakannya namun seiring berjalannya waktu Prancis mulai menciptakan lebih banyak peluang.

Olivier Giroud menanduk bola melebar dan Mbappe mengirimkan umpan kepada Benjamin Pavard yang tembakan mendatarnya dapat digagalkan kaki Courtois.

Itu adalah babak pertama yang berlangsung menghibur dan hal yang kurang hanya gol, namun hal itu segera hadir setelah turun minum.

Dari tendangan sudut Griezmann, Umtiti mengungguli Marouane Fellaini di tiang dekat dan menanduk bola keras untuk membawa Prancis memimpin.

Fellaini melepaskan sundulan melebar dan Axel Witsel memaksa Lloris melakukan penyelamatan bagus, ketika Belgia berupaya menekan untuk menyamakan kedudukan dan Prancis mampu mempertahankan keunggulan pada enam menit terakhir untuk mengunci tiket mereka di final.