Deschamps: Prancis siap hadapi taktik kejutan Belgia

id piala dunia, rusia, pelatih prancis descamp

Deschamps: Prancis siap hadapi taktik kejutan Belgia

 Didier Deschamps (REUTERS/JOHN SIBLEY)

Tidak ada pemain yang harus menepi, meskipun kami mengistirahatkan empat pemain hari ini. Itu adalah tindakan pencegahan
St Petersburg, Rusia (Antara/Reuters) - Pelatih Prancis Didier Deschamps menyatakan telah menyiapkan para pemainnya untuk menghadapi setiap taktik kejutan tim Roberto Martinez yang mungkin saja dimunculkan saat Prancis menghadapi Belgia di semifinal Piala Dunia di St Petersburg, Selasa.

Belgia adalah pencetak gol terbanyak di turnamen kali ini, dan Martinez membuat kejutan dengan mengubah susunan pemainnya di babak perempat final melawan Brasil, dengan memindahkan posisi Romelu Lukaku ke luar sehingga Kevin de Bruyne bisa beroperasi sebagai "false nine".

Strategi itu bekerja dan terlihat Belgia mampu menetralkan lini tengah Brazil sehingga Lukaku dan Eden Hazard sepenuhnya bisa mendapatkan umpan-umpan di lini depan.

De Bruyne juga mendapat keuntungan dari ruang terbuka di lini tengah saat bek tengah Brazil dipaksa mengatasi ancaman itu, dan dia mampu mencetak gol pertamanya di turnamen Piala Dunia saat kemenangan 2-1.

Dengan Thomas Meunier diskors untuk babak semifinal, Martinez pasti membuat setidaknya satu perubahan.

"Belgia tidak datang ke sini secara kebetulan. Mereka memainkan pertandingan hebat melawan Brazil dengan rencana permainan tertentu," Deschamps yang berusia 49 tahun itu mengatakan saat konferensi pers pada Senin. "Apakah mereka akan melakukan hal yang sama untuk kita? Mungkin saja.

"Tim mereka siap menyerang. Mereka khusus menjaga kualitas itu, tetapi melawan Brazil, Martinez meningkatkan lini tengah ... dan pemain-pemain Brazil tidak mampu memenangkan koridor itu.

"Mereka menyerang sangat cepat. Jadi saya telah memastikan bahwa pemain saya siap untuk skenario apa pun sejak awal pertandingan dan juga selama pertandingan jika strategi itu berubah." Deschamps menambahkan bahwa Martinez telah mendapat manfaat dari pondasi kuat yang diwarisi Marc Wilmots, pelatih yang dipecat setelah Belgia kalah dari Wales di perempatfinal Euro 2016.

"Saya tidak ingin menyinggung Martinez tetapi tentu saja dia mendapat manfaat dari kerja Wilmots, terlepas dari fakta bahwa Wales menyingkirkan tim itu," kata Deschamps.

"Dia mengubah sedikit hal dengan menempatkan cirinya sendiri di tim, tetapi dia memiliki potensi besar dengan kelompok pemain ini. Saya tidak tahu apakah dia akan melakukannya, tapi saya mengucapkan selamat kepadanya karena berada di semifinal bahkan meskipun dia akan menghadapi kita." Pemain depan Kylian Mbappe, salah satu pemain terbaik Perancis di Rusia, tidak hadir pada 15 menit pertama pelatihan terbuka untuk media, tetapi Deschamps mengatakan dia memiliki skuad penuh untuk dipilih.

"Tidak ada pemain yang harus menepi, meskipun kami mengistirahatkan empat pemain hari ini. Itu adalah tindakan pencegahan," tambah pelatih.

Kedua tim sebelumnya telah bertemu 73 kali, dengan Belgia menang pada 30 kesempatan, Prancis 24 kali menang, dan 19 pertandingan berakhir imbang.

Mereka terakhir bertemu dalam pertandingan persahabatan pada tahun 2015 dan sejumlah pemain Belgia dan Prancis merupakan rekan satu tim di level klub.

Hazard dan kiper Thibaut Courtois berbaris melawan rekan satu tim di Chelsea Ngolo Kante dan Olivier Giroud, sementara Paul Pogba menghadapi rekan-rekannya di Manchester United Marouane Fellaini dan Lukaku.

"Kami tahu mereka dan mereka sangat mengenal kami," kata Deschamps. "Ini aneh karena ada banyak pemain di tim saya yang akan menghadapi rekan satu tim klub mereka sendiri. Ini merupakan keuntungan bagi kedua tim, tetapi kami akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk mencapai final."