Brigif-3 Marinir gelar pasukan pengamanan pilkada

id brigif marinir 3, apel pasukan, pengamanan pilkada, bencana alam

Brigif-3 Marinir gelar pasukan pengamanan pilkada

Komandan Brigif-3 Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno memimpin apel gelar pasukan prajurit Brigif 3 Marinir, Selasa (26/6) (Foto: Antaralampung.com/Ardiansyah)

Brigif 3 Marinir menyiapkan satuan setingkat batalion dalam rangka untuk mengantisipasi pengamanan Pilkada serentak 2018 dan bencana alam, ujarnya
Pesawaran  (Antaranews Lampung) - Brigade Infanteri -3 Marinir menggelar apel pasukan untuk pengamanan pemilihan kepala daerah sekaligus mengantisipasi bencana alam.

Apel pasukan dipimpin Komandan Brigif-3 Marinir Kolonel Bambang Hadi Suseno di Lapangan Mako Yonif 7 Marinir Ketapang, Pesawaran, Selasa (26/6).

Bambang Hadi Suseno menyampaikan bahwa Brigif-3 Marinir melakukan kegiatan apel pasukan itu dalam rangka pengamanan pilkada serentak yang dilaksanakan pada ?27 Juni 2018 serta mengantispasi bencana alam

"Brigif 3 Marinir menyiapkan satuan setingkat batalion dalam rangka untuk mengantisipasi pengamanan Pilkada serentak 2018 dan bencana alam," ujarnya.

Brigif-3 Marinir, lanjutnya, mempunyai tugas dari Korps Marinir menyiapkan dua satuan setingkat batalion (SSB), satu SSB inti dan satu SSB cadangan yang berada di satuan lainnya diantaranya di Yonif 8 Marinir Pangkalan Brandan Sumatera Utara dan Yonif 10 Marinir/SBY di Batam.

Sehingga satuan-satuan yang berada dijajaran Brigif 3 Marinir melaksanakan kesiapan-kesiapannya untuk mengantisipasi pengamanan pilkada.

"Tugas kita adalah siaga dan mengantisipasi pengamanan pilkada, apa yang menjadi kelengkapan seperti PHH dan sebagainya, untuk pasukan sudah kita siapkan satu Satuan Setingkat Kompi (SSK)," jelasnya.

Ia mengatakan tugas marinir tidak akan berhenti sampai gelaran pilkada selesai, tetapi akan terus berlanjut selama menjadi prajurit. Karena itu, harus selalu siap untuk tugas ke depan.

Di sisi lain, kanjutnya, marinir sudah mempersiapkan kekuatan Satuan Setingkat Kompi (SSK) di tiap-tiap satuannya dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi lingkungan yang sifatnya alam.

Saat ini, lanjut dia, kondisi status Anak Gunung Krakatau dalam status waspada, jadi peningkatan status sangat menentukan.

"Yang kita antisipasi adalah dampak dari letusan Krakatau yaitu abu vulkanik, gempa maupun tsunami sehingga Brigif- 3 Marinir mengantisipasi apapun dampak dari bencana alam tersebut," ujarnya.

Komandan Brigif 3 Marimir itu menambahkan, Komandan Korps Marinir telah memerintahkan ?Brigif 3 ?untuk mempersiapkan pasukannya untuk mengantisipasi dampak dari bencana alam tersebut.

"Brigif 3 Marinir diminta maupun tidak diminta bantuan oleh oemerintah daerah maupun kepolisian kita harus siap, dan cepat bertindak sesuai fungsi organisasi yang sudah dibentuk," tambahnya.