Arus balik gelombang kedua Pelabuhan Bakauheni Minggu

id arus balik, idul fitri, pelabuhan bakauheni

Pemudik pejalan kaki masih mendominasi arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis (21/6).  (Foto: Antaralampung.com/Ardiansyah/dok)

Saya liburnya belakangan, jadi waktu mudik pulangnya belakangan, ini masuk kerjanya besok, jadi berangkatnya hari ini
Bakauheni, Lampung Selatan (Antaranews Lampung) -Arus balik gelombang kedua terjadi di Pelabuhan Penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Lampung Selatan kembali dipadati pejalan kaki maupun pemudik berkendaran roda dua yang akan kembali ke Pula Jawa, Minggu.

Mulai pukul 10.00 WIB, untuk penumpang pejalan kaki maupun roda dua yang akan menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan ramai lancar dan tidak sampai terjadi penumpukan penumpang yang signifikan di dalam pelabuhan ini.

Anang (40) pemudik pejalan kaki warga Pandeglang, Banten yang baru mudik dari rumah orang tuanya di Telukbetung, Bandarlampung mengatakan, dirinya mengaku kembali ke Pulau Jawa hari Minggu ini, dikarenakan mulai masuk kerja pada Senin (25/6).

"Saya liburnya belakangan, jadi waktu mudik pulangnya belakangan, ini masuk kerjanya besok, jadi berangkatnya hari ini," ujarnya pula.

Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran Tahun 2018 di Pelabuhan Bakauheni, untuk manifest arus balik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak, Banten, pejalan kaki sudah mencapai 99 persen, dengan jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 144.471 orang.

Dengan perbandingan arus mudik dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung selatan sebanyak 146.413 orang, untuk pemudik yang belum kembali ke Pulau Jawa mencapai 1.942 orang.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua yang sudah menyeberang ke Pulau Jawa sudah mencapai 85 persen, dengan jumlah kendaraan roda dua sebanyak 71.659 unit. Data arus mudik dari Merak, Banten sebanyak 83.845 unit, untuk kendaraan roda dua yang belum kembali ke Pulau Jawa berjumlah 35.830 unit.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat sudah 88 persen, dengan 86.946 unit sudah kembali ke Pulau Jawa, dan yang belum kembali berkisar 35.830 unit. Sedangkan data arus mudik dari Pelabuhan Merak, Banten menuju ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan sebanyak 99.294 unit.

Diprediksi sisa para pemudik yang akan kembali ke Pulau Jawa usai Lebaran ini diperkirakan akan terjadi sampai Minggu malam, karena pegawai kantor dan karyawan pabrik akan mulai kembali bekerja pada Senin (25/6) besok.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar