Arus mudik masih berlangsung di Jalinsum Lampung

id arus mudik, jalinsum

Ilustrasi. ( ANTARA FOTO/Lucky R.)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Arus mudik masih berlangsung di Jalan Lintas Sumatera wilayah Lampung pada Kamis sore atau sehari menjelang Lebaran 2018, sementara aparat kepolisian dan pihak terkait tetap berjaga untuk membantu kelancaran arus lalu lintas sekaligus memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik.
     
Berdasarkan pantauan di sejumlah titik Jalinsum Bandarlampung, Kamis, arus mudik umumnya didominasi kendaraan dari arah Pelabuhan Bakauheni menuju Bandaralampung dan daerah lainnya di Sumatera. 
     
Mobil dari arah Pelabuhan Bakauheni itu umumnya kendaraan asal Jakarta (B), Bandung (D), Bogor (F) dan daerah lainnya di Pulau Jawa.
   
Meski mobil pribadi yang mendominasi arus mudik di Jalinsum, pemudik motor juga masih ada yang melintas, namun jumlahnya turun drastis dibandingkan beberapa hari lalu.
   
Sementara itu, berbagai posko yang didirikan masyarakat juga bertebaran di Jalinsum, sementara mobil patroli berikut personel kepolisian berjaga di sejumlah titik strategis, seperti di kawasan Kalibalok. 
   
Berbagai kalangan menyebutkan arus mudik tahun ini umumnya berlangsung lancar dan aman, meski terdapat kasus pembegalan dan sejumlah kasus kecelakaan lalu lintas.
   
Sementara itu, Kapolda Lampung Irjen Suntana menjamin keamanan dan kenyamaan pemudik pada arus mudik dan balik Lebaran 2018.
   
"Polda Lampung dan jajaran akan menjamin rasa aman dan nyaman masyarakat daerah setempat maupun pemudik yang akan ke Lampung," kata Irjen Suntana di Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis.
   
Kapolda Lampung mencontohkan, di Terminal Induk Rajabasa, Bandarlampung, saat ini kondisinya aman dan nyaman sehingga pemudik tak perlu lagi khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
   
Selain itu, lanjutnya, di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung juga juga kondisinya sama, aman dan nyaman bagi para pemudik.
 
  "Kondisi Terminal Rajabasa aman dan nyaman. Saya memimpin langsung kegiatan disana, termasuk di Pelabuhan Bakauheni bersama Pak Anton (GM ASDP Bakauheni red) untuk ikut menyusun planning (perencanaan) pada arus mudik dan balik Lebaran," katanya.
   
Sebanyak 4.792 personel gabungan dilibatkan dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Wilayah Provinsi Lampung.
   
Sebanyak 4.792 personel tersebut, berasal dari Polda Lampung sebanyak 156 personel, Polres jajaran sebanyak 2.248 personel dan instansi terkait sebanyak 2.338 personel yang tersebar di 46 pos pengamana, 16 pos pelayanan, 19 pos pantau dan 1 pos terpadu.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar