Puting Beliung Landa Kecamatan Sukarame Bandarlampung

id Puting Beliung Landa Bandarlampung, Puting Beliung di Bandarlampung, Horti Park Lampung Rusak

Taman Horti (Horti Park) Lampung di Sabah Balau, Tanjungbintang, Lampung Selatan roboh terkena angin puting beliung, Selasa (12/6). (Foto: ANTARA Lampung/Ist-Syamsurizal M)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Hujan deras disertai angin kencang/puting beliung yang melanda wilayah sekitar Kecamatan Sukarame dan Sukabumi, Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, Selasa (12/6) siang hingga sore, mengakibatkan sejumlah rumah dan sekolah rusak dan porak-poranda, pohon tumbang, dan merusakkan beberapa warung serta bengkel nonpermanen milik warga setempat.

Informasi dari sejumlah warga, angin kencang/puting beliung disertai hujan deras dan petir itu, antara lain dialami warga di sekitaran Jl Endro Suratmin dan Jl Pulau Legundi di Kecamatan Sukarame, dan beberapa wilayah dekat Kecamatan Sukabumi, Bandarlampung.

Beberapa warga melaporkan fiber pagar rumah dan atap rumah yang terbuat dari asbes mengalami kerusakan, serta pohon di sekitar Jalan Pulau Sebesi, Kecamatan Sukarame juga tumbang. Warung dan bengkel di sekitarnya juga rusak dan roboh.

Menurut Rintiana, warga setempat, hujan deras disertai petir itu kejadiannya hanya beberapa saat, namun mengakibatkan asbes atap rumah rusak dan pohon di sekitarnya juga tumbang.

Selain pohon tumbang, fiber pagar rumah warga itu juga lepas semua. "Anginnya kencang sekali dan ada petir keras beberapa kali," ujar warga itu pula.

Aliran listrik PLN pun putus dan belum menyala hingga Selasa petang di sekitaran wilayah tersebut.

Beberapa sekolah dan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung juga terkena imbas angin kencang itu, sebagian menjadi porak-poranda, terutama pada bagian atap dan halamannya, termasuk pepohonan di sekitarnya.
 
Taman Horti Park Lampung di Sabah Balau, Tanjungbintang, Kabupaten Lampung Selatan, wilayah yang berbatasan dengan Kecamatan Sukarame juga terkena dampak angin kencang dan hujan deras itu. Menurut pengelolanya Syamsurizal Mukhtar, hujan dan angin puting beliung melanda Horti Park sore ini. "Prihatin dan sedih," ujar Syamsurizal mengungkapkan dalam akun media sosial facebooknya.

Dia berharap kerusakan segera diperbaiki dan kondisi Horti Park segera dipulihkan kembali.


Namun, belum diperoleh informasi adanya korban jiwa akibat peristiwa itu, termasuk kerugian diakibatkannya..

Sebelumnya, BMKG Lampung telah menyampaikan peringatan dini kondisi cuaca buruk hujan deras disertai angin kencang dan petir, antara lain berpotensi terjadi di wilayah Kota Bandarlampung pada Selasa sore.

Beberapa wilayah di Lampung pada Selasa siang hingga sore dilaporkan terjadi hujan dan petir pula. Namun belum diperoleh rinciannya adanya bencana angin kencang atau angin puting beliung di wilayah tersebut.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar