Arus mudik arah Palembang padat

id Arus mudik, Waykanan,Angkutan Lebaran

Pemudik beristirahat (Antara Lampung/Emir FS)

Waykanan (Antaranews Lampung) – Kasat Lantas Polres Waykanan, AKP I Wayan Budiarta, menyebutkan arus kendaraan pemudik menuju Palembang makin padat melintas di Jalinsum wilayah Waykanan pada Senin dini hari, dan jumlah kendaraan yang melintasI daerah itu pada Senin diperkirakan lebih dari 10 ribu unit.
   
"Banyak pemudik yang memutuskan berkendara saat malam hari, mungkin karena suasana jalan yang lengang," katanya di Waykanan, Senin.
    
Sehubungan banyak pemudik yang berkendara di malam hari, ia menyebutkan pihaknya melakukan pengecekan dan pengamanan terhadap pemudik yang sedang beristirahat di Jalinsum Waykanan.
   
"Saya mengecek para pemudik yang sedang beristirahat dan berbincang – bincang tentang pengalaman mudik dalam perjalanan," katanya.
    
Menurut dia, arus mudik di Jalinsum Waykanan lebih didominasi kendaraan roda empat dbandingkan motor.
    
"Selain itu, dari pantauan di jalan raya menunjukkan hampir 70 persen kendaraan yang masuk di wilayah Waykanan pada malam, karena pemudik lebih memilih jalan malam di bandingkan siang hari" katanya.
    
Berkaitan itu, ia meminta para pemudik yang melakukan  perjalanan agar lebih hati – hati saat berkendara, khususnya pada malam hari, karena masih banyak badan jalan yang berlubang-lubang.
    
"Banyaknya jalan berlubang membuat para pemudik harus ekstra hati – hati," katanya.
   
Mengenai kantong – kantong parkir di wilayah Waykanan, Wayan menyebutkan di sepanjang Jalan Lintas Sumatera wilayah Kabupaten Waykanan terdapat beberapa tempat beristirahat, seperti Tugu Selamat Datang, Masjid Agung Baradatu, Masjid Agung Bumi Ratu, SPBU Simpang Empat, Tugu Persimpangan Way Tuba, pos pengamanan Way Tuba dan Tugu Selamat Jalan Rumah Makan Simpang Setia Way Tuba.
   
Sebelumnya, Kapolres Waykanan AKBP Doni Wahyudi mengimbau kepada seluruh pengguna Jalan Lintas Sumatera agar tetap berhati ¿ hati saat berkendara, serta mewaspadai adanya pasar tumpah di Pasar Inpres Baradatu Waykanan.
   
"Pengguna jalan harus lebih berhati ¿ hati saat melintas di Pasar Inpres Baradatu, karena banyak  warga yang berbelanja,¿ kata Kapolres AKBD Dony Wahyudi di Waykanan, Sabtu.
   
  Menurutnya, dari pantauan di lokasi Pasar Inpres Badaratu,  sering terjadinya kemacetan lantaran banyak yang berhenti atau parkir sembarangan.
   
Selain itu, para pengendara juga harus lebih berhati- hati dan mengurangi kecepatannya saat melintas pasar tersebut, karena banyak orang yang menyeberang untuk berbelanja kebutuhan Lebaran.
    
Menurut Kapolres, selama arus mudik Lebaran 2018 petugas kepolisian akan mengamankan sepanjang Jalan Lintas Sumatra wilayah Kabupaten Waykanan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemudik.
    
Selain petugas yang bersiaga di pos jaga, terdapat sejumlah polisi lalu lintas yang berpatroli untuk mengecek kondisi dari jalan nasional tersebut.
    
Kapolres meminta seluruh petugas keamanan untuk selalu siaga 24 jam dalam pengamanan arus mudik Lebaran 1439 H.
 


 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar