Macet ? Gunakan tol fungsional

id Arus mudik, Tol Trans Sumatera

Direktur Pam Ovit Polda Lampung Kombes Prabowo mengatakan, jalur tol yang sudah bisa dilalui adalah jalur paket 4 sepanjang 10 km dan jalur Paket Terbanggi Besar - Pematang Panggang (ANTARALAMPUNG/Adie Pandawa)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Direktorat Pengamanan Objek Vital (Pam ovit) Polda Lampung melakukan pengecekan di jalur mudik dan tol yang bisa dilalui pemudik sebagai jalur alternatif saat terjadi kemacetan di lintas tengah dan timur Sumatera wilayah Lampung.
    
Pengecekan jalur itu dipimpin oleh Direktur Pam Ovit Kombes Prabowo, dimulai dari pos lalu lintas Tegineneng Kabupaten Pesawaran yang menjadi langganan macet saat arus mudik berlangsung.
    
Direktur Pam Ovit Polda Lampung Kombes Prabowo mengatakan, jalur Tol Trans Sumatera yang sudah bisa dilalui adalah jalur paket 4 sepanjang 10 km dan jalur Terbanggi Besar - Pematang Panggang.
   
"Kita berharap nantinya jalur tersebut bisa mengurangi kemacetan yang biasanya terjadi di jalur lintas tengah dan timur, jalur tersebut hanya bisa dipakai di siang hari saja, dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB," katanya.
   
Prabowo menambahkan, bagi masyarakat yang dari Lampung Utara, Tulang Bawang, Mesuji dan Palembang yang akan ke Bandarlampung, dapat lewat jalan alternatif masuk tol lewat Betan Subing Terbanggi Lampung Tengah; terus tembus ke jalan Tol belok ke kanan dan akan kekuar di Exit Tol Seputih Jaya.
   
"Sebelum Samsat Lampung Tengah, masuk kembali ke Jalan Lintas Sumatera agar terhindar kepadatan jalan cor Poncowati dan Padar Bandar Jaya," katanya.
    
Selanjutnya pemudik juga dapat masuk kembali alternatif tol melalui Pintu Tol Masgar dan akan keluar di Simpang Mandah, dekat kompi bantuan TNI yang berdekatan SPBU setempat.
    
"Sangat membantu dan dapat menghindari kemacetan di simpang Tegineneng Pesawaran dan Metro, begitu juga sebaliknya," katanya.
   
Sementara Manager Proyek PT Waskita Paket Terbanggi Besar - Pematang Panggang Yana Agustian mengatakan, untuk jalur Paket Terbanggi Besar - Pematang Panggang baru bisa di lalui satu arah saja sepanjang 24 km.
    
"Iya baru satu arah mudik, dari Terbanggi Besar ke Gunung Batin sepanjang 24 km, semoga bisa mengurangi kemacetan nanti ketika mudik," katanya.
   
Andres, salah seorang pemudik mengatakan, dirinya sangat terbantu sekali dengan difungsikannya jalan tol.
   
  "Masalahnya lintas tengah ini ga mudik aja macet minta ampun Mas, apalagi mudik. Saya merasakan terbantu, saya sering pulang pergi lewat lintas tengah ini ke Bandarlampung," katanya. 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar