PMI dan IWO Tubaba dirikan Posko Lebaran Terpadu

id posko lebaran terpadu,pmi dan iwo,sugeng subagyo

PMI dan IWO Tubaba dirikan Posko Lebaran Terpadu

PMI Tulangbawang Barat dan Ikatan Wartawan Online Tulangbawang Barat akan mendirikan Posko Terpadu Lebaran 2018 di Tiyuh/Desa Pulung Kencana. (Foto: Antaralampung.com/Yunastanto)

Kami juga menyiagakan UTD PMI untuk memenuhi kebutuhan darah selama siaga Lebaran, ujarnya
Tulangbawang Barat (Antaranews Lampung) - Palang Merah Indonesia (PMI) Tulangbawang Barat (Tubaba) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) setempat akan mendirikan Posko Lebaran Terpadu menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah/Tahun 2018.

Posko tersebut berada di Tiyuh/Desa Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah yang akan memberikan berbagai pelayanan kepada pemudik yang melintas di Tubaba, kata Kepala Markas PMI Tubaba Sugeng Riyanto mendampingi Ketua PMI Tubaba, Agus Subagyo, Selasa (5/6).

"Di posko ini kita akan memberikan pelayanan pertolongan pertama dan pelayanan kesehatan, menyiagakan mobil ambulan, dan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI," katanya.

Sugeng mengatakan Posko tersebut akan disiagakan pada H-7 menjelang Idul Fitri berlokasi tepat di depan Pasar Pulung Kencana guna memantau warga yang mudik, melakukan pelayanan pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan di sepanjang jalan raya Pulung Kencana, melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi warga sekitar atau pemudik.

"Kami juga menyiagakan UTD PMI untuk memenuhi kebutuhan darah selama siaga Lebaran," ujarnya.

Selain mendirikan Posko, PMI bersama rekan-rekan media juga akan mengadakan patroli mengunakan kendaraan roda dua pada saat jam piket posko dengan harapan cara seperti ini efektif apabila ada pemudik yang tersesat atau salah jalan.

"Kita menyiapkan sekitar 50 orang tenaga relawan yang terdiri dari korps sukarela sebanyak 15 orang, tenaga sukarela 10 orang, staf PMI 6 orang dan staf UTD PMI 4 orang sisanya dari rekan-rekan anggota IWO dan anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI)," kata Sugeng.

Sementara itu Ketua IWO Tubaba Riko Amir menambahkan posko yang didirikan ini juga satu komando dengan kepolisian dari Polsek Tulangbawang Tengah.

"Kita semua berharap dengan adanya Posko Siaga Lebaran ini dapat membantu para pemudik yang membutuhkan informasi ataupun pelayanan kesehatan serta pertolongan pertama jika dibutuhkan," katanya.